Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Crutchlow Ternyata Menolak Tawaran Honda Jadi Pebalap Cadangan

Kompas.com - 18/11/2020, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mulai musim depan, Cal Crutchlow akan bertugas sebagai test rider Yamaha. Namun sebenarnya, pebalap berkebangsaan Inggris tersebut bisa saja tetap berada di kubu Honda jika mau.

Crutchlow sekarang ini menjadi pebalap tim satelit LCR Honda. Meski demikian, kemampuan dan pengalamannya sering diandalkan untuk mengembangkan RC213V.

Baca juga: Pilih Crutchlow, Lorenzo Sebut Yamaha Menukar Emas dengan Perunggu

Musim depan, Crutchlow tidak lagi mendapat tempat di tim yang bersaing di MotoGP, karena posisinya digantikan oleh Alex Marquez.

Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)JOSE JORDAN Cal Crutchlow saat berlaga di MotoGP Eropa. (Photo by JOSE JORDAN / AFP)

Crutchlow mengatakan, dirinya bisa saja tetap bersama Honda. Namun, bukan sebagai test rider, seperti yang ditawarkan oleh Yamaha.

"Rencananya lebih kepada pebalap cadangan. Saya menyukai Alberto Puig (manajer tim Repsol Honda), dia memiliki dampak besar pada kontrak saya dengan Honda selama bertahun-tahun," ujar Crutchlow, dikutip dari Speedweek.com.

Crutchlow menambahkan, Puig sempat kecewa ketika mengetahui dirinya keluar dari Honda. Namun, tidak semua keputusan bergantung pada Puig.

Baca juga: Cal Crutchlow Resmi Jadi Test Rider Yamaha

"Alberto ingin saya tetap di HRC (Honda Racing Corporation) dengan cara tertentu. Tapi, sebagai pebalap cadangan akan menjadi kerja keras, karena di MotoGP dan World Superbike ada enam pebalap yang harus digantikan," kata Crutchlow.

Menurutnya, itu bisa sama saja dengan balapan semusim penuh. Crutchlow pun mengungkapkan dirinya sangat bersyukur dan selalu bicara terbuka dengan Puig.

"Tapi, yang saya juga suka adalah dia juga sangat senang ketika saya memberitahunya mengenai kesepakatan saya dengan Yamaha," ujar Crutchlow.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com