Permintaan Campervan Malah Bertambah di Kala Pandemi

Kompas.com - 17/11/2020, 19:31 WIB
Campervan basis Hiace Delima JayaCampervan basis Hiace

BOGOR, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memang masih berlangsung di Indonesia. Berbagai sektor pun terkena efeknya, namun berbeda ceritanya dengan karoseri pembuat campervan atau recreational vehicle ( RV).

Delima Jaya di Bogor merupakan salah satu karoseri yang membuat bodi RV serta mengubah bagian interior menjadi campervan.

Pada masa pandemi seperti sekarang, jumlah pesanan campervan lebih banyak dibanding tahun lalu.

Managing Director karoseri Delima Jaya, Winston Wiyanta mengatakan, pemesanan campervan memang stabil saja, belum terlalu banyak. Tetapi secara jumlah memang lebih banyak tahun ini.

Baca juga: Mobil Bekas Asal Produsen Eropa Harga Rp 50 Jutaan

RV Delima JayaKompas.com/Fathan Radityasani RV Delima Jaya

“Tahun lalu sekitar delapan unit, Sedangkan tahun ini sekitar 12-15 unit campervan dibuat,” ucap Winston kepada Kompas.com, Selasa (17/11/2020).

Winston juga mengatakan, campervan atau RV ini masuknya ke kategori kendaraan yang mewah atau hobi, jadi pasanya niche market, tertentu saja. Selain itu, membuat campervan atau RV juga bisa menjadi solusi berlibur yang bebas dari virus.

Misalnya jika ingin bepergian, tidak perlu memesan hotel untuk tidur, karena bisa dilakukan di mobil. Selain itu, tidak perlu bepergian ke tempat yang penuh kerumunan, campervan bisa dibawa ke lokasi piknik yang ada di ruang terbuka.

Baca juga: Alex Marquez Bela Joan Mir soal Juara Dunia karena Sang Kakak Absen

Bagi yang berminat, bisa mempersiapkan kendaraan bahannya, memakai mobil dengan kabin yang besar. Bisa juga dibuatkan bodinya dan basis kendaraannya dari pikap, namun pemubuatannya lebih memakan waktu.

“Kalau campervan berbasis mobil yang bodinya sudah jadi, pembuatannya kurang lebih 30-45 hari. Sedangkan yang basisnya pikap, pembuatannya 60-75 hari,” kata Winston.

Untuk biayanya sendiri bervariasi, tergantung dari basis kendaraan yang dipakai. Belum lagi jika kabinnya ingin dibuat mewah, tentu saja harganya akan lebih tinggi dibanding yang biasa saja.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X