Respons Honda Soal Tantangan dari Kia Sonet

Kompas.com - 17/11/2020, 16:01 WIB
Kia Sonet Resmi meluncur di Indonesia KOMPAS.COM/STANLY RAVELKia Sonet Resmi meluncur di Indonesia
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA), resmi meluncurkan Kia Sonet di Tanah Air. Mobil yang bermain di segmen compact sport utility vehicle (SUV) tersebut hadir menjadi rival bagi sebagian LSUV, termasuk Honda BR-V dan HR-V 1.5L.

Sebagai pendatang baru, modal Kia Sonet bekompetisi tak hanya dari segi fitur yang berlimpah, tapi juga dari harga yang sangat kompetitif. SUV buatan India itu dipasarkan mulai dari Rp 193 juta hingga Rp 289 juta.

Lalu bagaimana respons Honda soal kehadiran Kia Sonet, mengingat hingga saat ini pun Honda belum melakukan penyegaran apapun baik untuk HR-V 1.5L atau BR-V.

Baca juga: Soal Elektrifikasi di Indonesia, Honda Masih Pilih Hybrid

Menjawab hal ini, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, pasar LSUV memang masih berkembang. Adanya pemain baru bisa memberikan pilihan, namun Honda optimis bila saat ini konsumen juga sudah pintar dalam memilih produk.

Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.kompas.com Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.

"Kami yakin dengan produk kami karena juga punya banyak keunggulan. Konsumen itu saat ini sangat smart buyer, bukan lihat dari harga saja, tapi melihat bagaimana setelah membelinya," ucap Billy dalam konferensi pers virtual, Senin (16/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, bila dibandingkan BR-V tipe teratas yang dipasarkan sebesar Rp 291,3 juta, varian tertinggi Sonet masih masih lebih murah.

Sementara dengan HR-V 1.5L, varian terbawah yang hanya dilengkapi dengan transmisi manual, banderolnya justru lebih mahal dari Sonet Premium iCVT.

Namun demikian, Billy mengatakan karakteristik konsumen di Indonesia saat membeli mobil tak sekadar melihat dari fitur dan harga, tapi juga masalah aftersales sampai harga jualnya kembali.

Baca juga: Kenapa Kia Sonet di Indonesia Hanya Punya Satu Pilihan Mesin?

Honda HR-V 1.5L Special Edition rasa Hr-V 1.8LSTANLY RAVEL Honda HR-V 1.5L Special Edition rasa Hr-V 1.8L

"Aftersales-nya bagaimana, mahal atau tidak, setelah dipakai tiga sampai lima tahun bagaimana, apakah produknya ada depresiasi atau tidak. Kami percaya produk kami masih diminati sampai sekarang," kata Billy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.