Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Honda Soal Tantangan dari Kia Sonet

Kompas.com - 17/11/2020, 16:01 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kreta Indo Artha (KIA), resmi meluncurkan Kia Sonet di Tanah Air. Mobil yang bermain di segmen compact sport utility vehicle (SUV) tersebut hadir menjadi rival bagi sebagian LSUV, termasuk Honda BR-V dan HR-V 1.5L.

Sebagai pendatang baru, modal Kia Sonet bekompetisi tak hanya dari segi fitur yang berlimpah, tapi juga dari harga yang sangat kompetitif. SUV buatan India itu dipasarkan mulai dari Rp 193 juta hingga Rp 289 juta.

Lalu bagaimana respons Honda soal kehadiran Kia Sonet, mengingat hingga saat ini pun Honda belum melakukan penyegaran apapun baik untuk HR-V 1.5L atau BR-V.

Baca juga: Soal Elektrifikasi di Indonesia, Honda Masih Pilih Hybrid

Menjawab hal ini, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan, pasar LSUV memang masih berkembang. Adanya pemain baru bisa memberikan pilihan, namun Honda optimis bila saat ini konsumen juga sudah pintar dalam memilih produk.

Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.kompas.com Honda BR-V sanggup menaklukkan jalan mulus di tol hingga jalan agak kasar di medan offroad.

"Kami yakin dengan produk kami karena juga punya banyak keunggulan. Konsumen itu saat ini sangat smart buyer, bukan lihat dari harga saja, tapi melihat bagaimana setelah membelinya," ucap Billy dalam konferensi pers virtual, Senin (16/11/2020).

Seperti diketahui, bila dibandingkan BR-V tipe teratas yang dipasarkan sebesar Rp 291,3 juta, varian tertinggi Sonet masih masih lebih murah.

Sementara dengan HR-V 1.5L, varian terbawah yang hanya dilengkapi dengan transmisi manual, banderolnya justru lebih mahal dari Sonet Premium iCVT.

Namun demikian, Billy mengatakan karakteristik konsumen di Indonesia saat membeli mobil tak sekadar melihat dari fitur dan harga, tapi juga masalah aftersales sampai harga jualnya kembali.

Baca juga: Kenapa Kia Sonet di Indonesia Hanya Punya Satu Pilihan Mesin?

Honda HR-V 1.5L Special Edition rasa Hr-V 1.8LSTANLY RAVEL Honda HR-V 1.5L Special Edition rasa Hr-V 1.8L

"Aftersales-nya bagaimana, mahal atau tidak, setelah dipakai tiga sampai lima tahun bagaimana, apakah produknya ada depresiasi atau tidak. Kami percaya produk kami masih diminati sampai sekarang," kata Billy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com