Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Elektrifikasi di Indonesia, Honda Masih Pilih Hybrid

Kompas.com - 17/11/2020, 09:12 WIB
Stanly Ravel,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM), menjadi salah satu agen pemegang merek (APM) yang sampai saat ini belum mengenalkan kembali jajaran kendaraan elektrifikasinya.

Saat ditanya mengapa, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, menjelaskan bila butuh studi yang mendalam untuk mengenalkan atau meluncurkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Namun demikian, Billy menegaskan dari segi pilihan kendaraan elektrik yang ada, untuk saat ini di Indonesia yang paling cocok adalah hibrida.

Baca juga: Hyundai Indonesia Mulai Produksi Mobil Listrik di 2022

"Kalau menurut saya, melihat dari infrastruktur saat ini, memang jawabannya seperti yang sudah saya jelaskan sebelum-sebelumnya, yakni hybrid," ucap Billy kepada wartawan saat konferensi virtual, Senin (16/11/2020).

Honda CR-Z jadi mobil hybrid dengan gaya layaknya sport car.Honda Honda CR-Z jadi mobil hybrid dengan gaya layaknya sport car.

Billy juga menjelaskan bila HPM sudah mulai menjalankan studi dan riset soal mobil elektrifikasi di Tanah Air. Namun demikian, memang belum ada tahap ketetapan atau keputusan soal produknya.

Melihat dari sarana dan prasarana terkait mobil listrik full baterai di Indonesia, saat ini sendiri memang masih bisa dibilang cukup minim. Jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) juga masih belum tersebar luas.

Wajar saja, meski sudah ada insentif dan berbagai keringanan lainnya, banyak APM yang masih "ngotot" memilih hybrid dibandingkan full listrik.

Baca juga: Honda Bicara Soal Produk Baru di Indonesia

"Tapi untuk ke depannya seperti apa, kita belum tahu, mungkin full baterai dan lain sebagainya, kita juga harus lihat dari kesiapan industrinya akan seperti apa," ucap Billy.

Mesin Honda Jazz Hybridpaultan.org Mesin Honda Jazz Hybrid

Kami juga melihat infrastruktur dan regulasi mobil listrik di Indonesia bagaimana, saat ini belum bisa kasih statemen akan meluncurkan produk apa, karena kami belum tahu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com