Soal Elektrifikasi di Indonesia, Honda Masih Pilih Hybrid

Kompas.com - 17/11/2020, 09:12 WIB
Honda CR-V PHEV meluncur di ajang Auto China 2020 Honda GlobalHonda CR-V PHEV meluncur di ajang Auto China 2020
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM), menjadi salah satu agen pemegang merek (APM) yang sampai saat ini belum mengenalkan kembali jajaran kendaraan elektrifikasinya.

Saat ditanya mengapa, Business Inovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy, menjelaskan bila butuh studi yang mendalam untuk mengenalkan atau meluncurkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia.

Namun demikian, Billy menegaskan dari segi pilihan kendaraan elektrik yang ada, untuk saat ini di Indonesia yang paling cocok adalah hibrida.

Baca juga: Hyundai Indonesia Mulai Produksi Mobil Listrik di 2022

"Kalau menurut saya, melihat dari infrastruktur saat ini, memang jawabannya seperti yang sudah saya jelaskan sebelum-sebelumnya, yakni hybrid," ucap Billy kepada wartawan saat konferensi virtual, Senin (16/11/2020).

Honda CR-Z jadi mobil hybrid dengan gaya layaknya sport car.Honda Honda CR-Z jadi mobil hybrid dengan gaya layaknya sport car.

Billy juga menjelaskan bila HPM sudah mulai menjalankan studi dan riset soal mobil elektrifikasi di Tanah Air. Namun demikian, memang belum ada tahap ketetapan atau keputusan soal produknya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melihat dari sarana dan prasarana terkait mobil listrik full baterai di Indonesia, saat ini sendiri memang masih bisa dibilang cukup minim. Jumlah stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) juga masih belum tersebar luas.

Wajar saja, meski sudah ada insentif dan berbagai keringanan lainnya, banyak APM yang masih "ngotot" memilih hybrid dibandingkan full listrik.

Baca juga: Honda Bicara Soal Produk Baru di Indonesia

"Tapi untuk ke depannya seperti apa, kita belum tahu, mungkin full baterai dan lain sebagainya, kita juga harus lihat dari kesiapan industrinya akan seperti apa," ucap Billy.

Mesin Honda Jazz Hybridpaultan.org Mesin Honda Jazz Hybrid

Kami juga melihat infrastruktur dan regulasi mobil listrik di Indonesia bagaimana, saat ini belum bisa kasih statemen akan meluncurkan produk apa, karena kami belum tahu," kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X