Perjalanan Suzuki di MotoGP, Sempat Mundur Karena Tak Punya Uang

Kompas.com - 15/11/2020, 21:15 WIB
Suzuki GSX-RR jadi salah satu faktor penentu apiknya performa tim balap Suzuki Ecstar pada MotoGP 2020. Suzuki Racing TeamSuzuki GSX-RR jadi salah satu faktor penentu apiknya performa tim balap Suzuki Ecstar pada MotoGP 2020.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki menjadi salah satu tim pabrikan yang bersinar di ajang MotoGP, terlebih pada tahun ini dengan mengantarkan pebalapnya Joan Mir menjadi juara dunia 2020.

Namun demikian, karier Suzuki di lintasan balap roda dua memang tak semulus Yamaha dan Honda.

Akibat masalah krisis keuangan, Suzuki sempat undur diri dari dunia MotoGP pada 2011 silam. Setelah puasa selama tiga musim, akhirnya pada 2015, tim asal Jepang ini kembali ke aspal sirkuit.

Baca juga: Kelebihan Suzuki GSX-RR, Rahasia Joan Mir Bisa Juara Dunia

Kehadiran Suzuki pada 2015 juga sekaligus jadi momen baru. Suzuki hadir dengan menggandeng perusahaan oli sebagai sponsor utamanya, dan sejak itu pula namanya berganti menjadi Suzuki Ecstar.

Langkah awal saat kembali ke dunia MotoGP, Suzuki langsung menggandeng dua pebalap yang saat itu sedang naik daun, yakni Maverick Vinales dan Aleix Espargaro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keduanya dipercaya menjadi joki GSX-RR yang telah dikembangkan Suzuki sejak 2012 silam. Ya, jadi meski memang sudah pamit dari MotoGP, tapi Suzuki tetap menjalankan pengembangan mesin kuda pacunya.

Maverick Vinales saat bergabung dengan Suzuki pada 2015https://en.wikipedia.org/wiki/Maverick_Viñales Maverick Vinales saat bergabung dengan Suzuki pada 2015

Hal tersebut memang dilakukan sebagai mitigasi persiapan saat ke lintasan balap lagi. Hasilnya pun terbukti, prestasinya di awal laga langsung mencuri banyak perhatian.

Baca juga: Juara Dunia, Joan Mir Catatkan Sejarah Ikuti Kenny Robert Jr dan Kevin Schwantz

Pada 2016, Suzuki Ecstar berhasil menempati posisi keempat pada klasemen akhir dengan perolehan 208 poin.

Vinales pun ikut merasakan pencapaian terbaiknya ketika berlaga di Sirkuit Silverstone, Inggris saat itu, bahkan dikabarkan sempat mengancam Jorge Lorenzo di papan klasemen pebalap.

Baca juga: Valentino Rossi Bicara Soal Joan Mir, Pantaskah Jadi Juara?

Sedikit lebih ke belakang, sejarah Suzuki di dunia MotoGP telah dimulai sejak era 1970-an, tepatnya pada 1974. Ketika itu, Suzuki langsung tampil gemilang, dan mengantarkan Barry Sheene merebut gelar juara dunia pada 1976 ketika mengendarai Suzuki RG500 yang dirancang oleh Makoto Hase.

Tim balap Suzuki Ecstar MotoGP 2020.Suzuki MotoGP Tim balap Suzuki Ecstar MotoGP 2020.

Rentetan prestasi lainnya ikut berlanjut. Singkat cerita, memasuki 2002 di mana kelas MotoGP menggunakan motor empat tak dimulai, Sate Gibernau dan Kenny Roberts, juga memberikan kontribusi bagi Suzuki yang saat itu berlaga menggunakan GSV-R.

Baca juga: Catatan Podium Joan Mir di MotoGP 2020, Hanya Sekali Podium Pertama

Kini, Suzuki pun kembali bersinar di tangan duet pebalap asal Spanyol, yakni Alex Rins dan Joan Mir. Penampilan keduanya cukup gemilang sejak pertengahan musim 2020.

Kini Mir sudah memetik hasil dengan menempati posisi teratas di tangga klasemen pebalap MotoGP 2020.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X