Penjualan Isuzu Turun Selama Pandemi

Kompas.com - 13/11/2020, 14:41 WIB
Isuzu Elf varian box IstimewaIsuzu Elf varian box

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 memang masih melanda Indonesia. Salah satu yang terkena dampaknya yaitu penjualan kendaraan, termasuk juga kendaraan niaga seperti pikap, truk maupun sasis bus.

Penurunan penjualan kendaraan juga dirasakan oleh PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI). Marketing Communication PT IAMI, Annisa Moeloek mengatakan, penjualan memang mengalami penurunan, namun untuk yang terbesar, masih dibantu oleh Elf.

Penjualan terbesar masih ada di Isuzu Elf, walaupun jika dibandingkan dengan tahun lalu, penurunannya cukup besar, sekitar 37 persen,” ucap Annisa dalam Webinar Basic Truck Bersama Isuzu, Jumat (13/11/2020).

Baca juga: Bus Terjun ke Jurang, Pemerintah Harus Perketat Proses Pembuatan SIM B

Isuzu Traga.ISTIMEWA Isuzu Traga.

Annisa mengatakan, berdasarkan data penjualan Isuzu Januari – September 2020, Isuzu Elf ada di angka 5.935 unit. Sedangkan di periode yang sama tahun 2019, ada di angka 9.500 unit. Untuk posisi keduanya, ada Isuzu Traga.

“Per satu September itu, penjualan Isuzu Traga ada di angka 4.286 unit. Di market ini cenderung masih stabil saat pandemi, hanya turun 0,2 persen dari tahun lalu,” kata Annisa.

Annisa mengatakan, kalau saat masa pandemi ini, masih ada berbagai sektor yang masih hidup, salah satunya logistik. Perbandingan penjualan untuk pikap ini masih ada karena kebutuhannya sebagai kendaraan niaga ringan dengan GVW di bawah 5 ton.

Baca juga: 4 Kebiasaan Pengemudi Mobil Matik yang Bikin Transmisi Cepat Jebol

Menurut data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), di kelas pikap diesel tanpa bonnet atau moncong, masih dipimpin oleh Mitsubishi L300 dengan total 9.380 unit dari Januari – September 2020.

Sedangkan Isuzu Traga berada di posisi kedua dengan total wholesales 4.557 unit dai bulan Januari sampai September 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X