Kompas.com - 10/11/2020, 10:02 WIB
Posisi dongkrak pada pikap Nissan NP 300 Navara di bagian crossmember (rangka penopang mesin). Febri ArdaniPosisi dongkrak pada pikap Nissan NP 300 Navara di bagian crossmember (rangka penopang mesin).


JAKARTA, KOMPAS.com - Fungsi utama dongkrak adalah untuk mengangkat sebagian bodi mobil. Perkakas wajib di dalam mobil ini biasanya digunakan untuk memeriksa bagian bawah kendaraan atau mengganti ban yang kempis.

Meski terbilang sebagai alat bantu yang relatif jarang dipakai, bahkan beberapa pemilik mobil ada yang tidak pernah menggunakannya. Namun, penting untuk mengetahui posisi penyimpanannya di dalam mobil.

Baca juga: Lampu Mobil Halogen dan LED di Mata Keselamatan Berkendara

Pasalnya, banyak kejadian ban bocor secara tiba-tiba. Dalam keadaan darurat seperti itu, pengendara mobil terpaksa harus mengganti ban mobil sendiri.

Tentu proses penggantian ban serep akan menjadi lama jika lebih banyak menghabiskan waktu untuk mencari-cari dongkrak. Akan semakin tidak nyaman jika hal tersebut terjadi saat dini hari.

Bagasi mobil jadi bagian yang jarang diperhatikanDonny Bagasi mobil jadi bagian yang jarang diperhatikan

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, tempat dongkrak yang umum sekarang ada di bawah jok kursi depan penumpang dan ada yang di bagasi atau komprartemen bagian belakang kendaraan.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kaca Mobil Terbuka Bisa Merusak AC?

“Tempat menyimpan dongkrak mobil juga tidak selalu sama dengan ban serep. Ada mobil yang menyimpan ban serep di bagian bawah bagasi, namun dongkraknya ada di bawa jok kursi depan penumpang,” ujar Didi belum lama ini kepada Kompas.com.

Dengan mengetahui posisi tempat menyimpan dongkrak, tentu akan mempercepat proses penggantian ban serep.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.