Valentino Rossi Negatif Covid-19, Langsung Terbang ke Valencia

Kompas.com - 06/11/2020, 08:42 WIB
Valentino Rossi Valentino Rossi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hingga Selasa (3/11/2020), hasil pengetesan Valentino Rossi masih menunjukkan positif Covid-19. Namun, hasil terakhir sudah menunjukkan kalau The Doctor berstatus negatif.

"Menyusul hasil tes PCR negatif yang diterima hari ini (Kamis 5 November), Valentino Rossi akan berangkat ke Valencia, Spanyol, malam ini. Besok, dia akan mengikuti tes PCR lagi sesuai persyaratan FIM. Jika hasil tesnya negatif lagi, pembalap Italia itu bisa ambil bagian dalam Gran Premio de Europa akhir pekan ini," tulis pernyataan resmi Monster Yamaha MotoGP.

Baca juga: Yamaha Tunjuk Garrett Gerloff Menggantikan Rossi di MotoGP Eropa

Dalam pernyataan resmi tersebut, diberitahukan bahwa pada Kamis, 5 November 2020, Rossi telah melakukan tes PCR dan hasilnya negatif untuk virus Covid-19.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, saat beraksi di Sirkuit Le Mans, Perancis.

Sesuai hukum yang berlaku di Italia, pebalap Yamaha tersebut sekarang diizinkan untuk mengakhiri isolasi mandiri dan kembali beraktivitas seperti biasa. Rossi akan memanfaatkan kesempatan ini untuk terbang ke Valencia seketika.

Lalu, pada Jumat, 6 November 2020, Rossi akan melakukan tes PCR kedua. Jika hasilnya negatif lagi, dia akan bisa bersatu kembali dengan tim Monster Energy Yamaha MotoGP untuk mengikuti MotoGP Eropa akhir pekan ini.

Baca juga: Rossi: Saya Menjalani Tes dan Hasilnya Masih Positif

Namun, jika Rossi dinyatakan positif lagi, maka pebalap pengganti Garrett Gerloff yang akan siap menggantikannya untuk sementara.

Jadwal MotoGP Pekan Ini

Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia dikabarkan akan berpartisipasi pada kategori Moto2 dalam ajang MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara (Dok. Shutterstock/mooinblack) Mandalika Racing Team (MRT) Indonesia dikabarkan akan berpartisipasi pada kategori Moto2 dalam ajang MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara (Dok. Shutterstock/mooinblack)

MotoGP Eropa yang akan digelar akhir pekan ini akan bertempat di Sirkuit Valencia. Meski sudah negatif Covid-19, Valentino Rossi masih menanti kepastian bisa balapan atau tidak.

Rossi diizinkan datang ke Sirkuit Valencia setelah hasil tes PCR yang dilakukannya menunjukkan negatif. Namun, pihak FIM akan tetap meminta Rossi untuk melakukan tes sekali lagi untuk memastikan kondisinya.

Jika hasilnya kembali negatif, maka Rossi akan mendapat lampu hijau untuk balapan. Tapi, jika masih positif, maka Rossi harus kembali melakukan isolasi mandiri dan Garrett Gerloff akan menggantikannya.

Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)LLUIS GENE Stefan Bradl saat berlaga di MotoGP LE Mans. (Photo by LLUIS GENE / AFP)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X