Rawan Ditabrak, Bahu Jalan Tol Bukan Tempat Aman Berhenti

Kompas.com - 02/11/2020, 17:21 WIB
Mobil PJR Kakorlantas Polri di tabrak truk di tol Tangerang Merak IstimewaMobil PJR Kakorlantas Polri di tabrak truk di tol Tangerang Merak

JAKARTA, KOMPAS.comMobil Patroli Jalan Raya (PJR) Polri Serang Timur ditabrak truk di KM 66 Tol Tangerang Merak saat sedang melakukan pengamanan kendaraan yang mengalami kecelakaan.

Akibatnya, enam orang mengalami luka-luka dan dua diantaranya adalah anggota Polri. Melihat dari kejadian ini, walaupun sudah berhenti di bahu jalan tol, bahaya tetap bisa datang dari mana saja.

Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu mengatakan, berhenti di bahu jalan tol sangat berbahaya, bahkan terancam kena tabrak dari pengguna jalan lain.

Baca juga: Jika SIM Hilang, Pemilik Harus Bikin Baru Lagi?

Dump truk tabrak tiga mobil di Tol Tangerang Merak KM 66 pagi tadiIstimewa Dump truk tabrak tiga mobil di Tol Tangerang Merak KM 66 pagi tadi

“Jika terpaksa berhenti, penumpang lebih baik meninggalkan mobilnya dan pergi ke area rumput-rumput, jauh dari bahu jalan,” ucap Jusri kepada Kompas.com, Senin (2/11/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jusri menambahkan, pengguna jalan di Indonesia masih menggunakan bahu jalan sebagai alternatif untuk menyalip kendaraan. Jadi untuk antisipasi, lebih baik menjauhi mobil yang berhenti di bahu jalan.

Baca juga: Ingat, Operasi Zebra 2020 Masih Berlangsung hingga Akhir Pekan

“Bahkan kalau mengalami pecah ban, lebih baik mobil tetap dibawa, jangan berhenti di bahu jalan, biarkan bannya rusak,” kata Jusri.

Ketimbang ada korban, saat mobil masih bisa digunakan walau bannya pecah, bisa mencari tempat yang lebih aman untuk berhenti. Jalankan mobil dengan perlahan menuju pintu keluar tol ataupun rest area, baru bisa merasa lebih aman untuk berhenti.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X