Bus Tingkat Terbaru Ramaikan Transjawa, PO Laju Prima dan Murni Jaya

Kompas.com - 03/11/2020, 17:01 WIB
Bus AKAP PO Laju Prima Karoseri LaksanaBus AKAP PO Laju Prima

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri Laksana asal Ungaran akhirnya resmi merilis dua bus Double Decker milik PO Laju Prima dan PO Murni Jaya. Secara desain, dua bus ini memiliki kelir yang sama, namun sasis yang digunakan keduanya berbeda.

PO Laju Prima menggunakan sasis Volvo B11R yang memiliki tenaga 430 TK dan torsi 1970 Nm. Sedangkan milik PO Murni Jaya menggunakan sasis Mercedes Benz OH 2542 dengan tenaga 422 TK dan torsi 1.900 Nm.

Export Manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, untuk spesifikasi kabinnya, kedua bus yang memakai bodi Legacy SR2 Double Decker ini sama, memang hanya pilihan sasisnya saja yang berbeda.

Baca juga: Rawan Ditabrak, Bahu Jalan Tol Bukan Tempat Aman Berhenti

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Yang pasti sudah ditunggu Legacy SR2 Double Decker Laju prima & Murni jaya By @hibagroup_id Powered by Volvo B11R & Mercedes Benz 2542 Pasti Sudah ga sabar ya ? . #Laksanabus #KaroseriLaksana #legacy #sr2 #dd #doubledecker #bus #bis #laksanabuscommunity #lajuprima #lajuprimafansclub #lajuprimabus #lajuprimalovers #buslovers #instabus #bismania #penggemarbuslaksana #laksanabuslovers

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus) on Nov 2, 2020 at 5:01am PST

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Kabin bawah hanya diisi delapan kursi dengan fasilitas leg rest. Sedangkan di atas, kursinya hanya dilengkapi dengan foot rest. Kabin di bawahnya pun ada permintaan kostumer yang berbeda dari biasanya.

“Di depan kabin dek bawah, tepat di belakang pengemudi ada kotak ECU yang di atasnya dijadikan tempat untuk menyimpan barang dan tempat tidur sopir,” ucap Werry kepada Kompas.com, Selasa (3/11/2020).

Hal ini unik, mengingat biasanya tempat tidur sopir berada di belakang kursi penumpang. Sedangkan permintaan dari kostumer, meminta tempat tidur sopir ada di dek bawah, di belakang kursi pengemudi.

Baca juga: Motor Sport 150 cc Harga di Bawah Rp 10 Juta, Ini Pilihannya

Kabin bus tingkatKaroseri Laksana Kabin bus tingkat

Biasanya ruang di atas roda depan bus tingkat, dijadikan kelas khusus dengan sleeper seat. Misalnya yang biasa ditemui di bus tingkat milik PO Rosalia Indah dan Harapan Jaya.

Ketika ditanyai ada berapa unit milik PO dari Hiba Group ini, Werry mengatakan kalau masih ada lagi unit yang sedang dibuat. Bisa jadi totalnya ada empat unit bus tingkat, dan ada kemungkinan bisa bertambah.

Dengan hadirnya bus tingkat milik PO Laju Prima dan Murni Jaya, akan semakin meramaikan armada double decker di tol Transjawa.

Sebelumnya ada beberapa PO yang sudah memakai armada bus tingkat di Transjawa, seperti Agramas, Putera Mulya, Garuda Mas, Sinar Jaya, Harapan Jaya, Lorena, Karina, Rosalia Indah, Nusantara, dan Safari Dharma Raya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.