Pertamina Catat Konsumsi BBM Selama Libur Panjang Naik 3 Kali Lipat

Kompas.com - 02/11/2020, 15:21 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina. KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi SPBU Pertamina.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) Tbk mencatat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) harian selama periode libur panjang perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama meningkat drastis, terutama di tol TransJawa.

Pjs Unit Manager Communication, Relation & CSR Pertamina MOR IV Kevin Kurnia Gumilang menyatakan, kenaikan konsumsi BBM di ruas A tol TransJawa (Jakarta menuju Surabaya), yakni kilometer 379, 429, dan 519, pada 28 Oktober - 1 November 2020 hampir 300 persen.

"SPBU kilometer 379 misalnya, saat kondisi normal rata-rata penyaluran BBM-nya sebanyak 60 kiloliter (KL) per hari. Namun saat libur panjang ini tercatat hingga 178 KL per hari," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (1/11/2020).

Baca juga: Ingat, Operasi Zebra 2020 Masih Berlangsung hingga Akhir Pekan

Suasana kepadatan kendaraan dari arah Garut dan Tasikmalaya menuju Gerbang Tol Cileunyi terjadi di Cipacing, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas Polri Komisaris Besar Rudi Antariksawan mengatakan, puncak arus balik libur panjang cuti bersama menuju Jakarta di berbagai daerah akan terjadi pada Minggu (1/11/2020) malam ini.ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI Suasana kepadatan kendaraan dari arah Garut dan Tasikmalaya menuju Gerbang Tol Cileunyi terjadi di Cipacing, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Kepala Bagian Operasi Korps Lalu Lintas Polri Komisaris Besar Rudi Antariksawan mengatakan, puncak arus balik libur panjang cuti bersama menuju Jakarta di berbagai daerah akan terjadi pada Minggu (1/11/2020) malam ini.

Sementara total konsumsi BBM jenis gasoline di wilayah Jawa Tengah dan DIY naik 4 persen dari rata-rata harian, atau 11.600 KL per hari naik jadi 12.100 KL per hari.

"Sementara untuk konsumsi BBM jenis gasoil (biosolar dan dex series) cenderung stabil di angka 5.700-5.800 KL," kata Kevin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jika SIM Hilang, Pemilik Harus Bikin Baru Lagi?

Dalam upaya antisipasi kenaikan konsumsi BBM di SPBU jalur tol TransJawa lainnya, Pertamina MOR IV menyiagakan mobile storage di SPBU ruas A (Jakarta - Surabaya) maupun ruas B (Surabaya - Jakarta).

"Mobile storage merupakan truk tangki BBM yang disiagakan di SPBU rest area tol trans Jawa dan berfungsi untuk pengisian secara cepat jika sewaktu-waktu terjadi peningkatan konsumsi yang signifikan", ucap Kevin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X