6 Hal Wajib Dilakukan Usai Berlibur Pakai Mobil Pribadi

Kompas.com - 31/10/2020, 09:22 WIB
Ilustrasi liburan SHUTTERSTOCKIlustrasi liburan

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalanan dalam rangka libur panjang bersama keluarga naik mobil pribadi, persiapan kendaraan mutlak dilakukan. Kini, setelah liburan berakhir dan mobil kembali ke rumah, pemeriksaan kendaraan juga wajib dilakukan, demi performa yang terjaga.

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna, coba memberikan pesan penting kepada para pemilik kendaraan yang kelar berlibur dengan mobilnya. Setidaknya ada enam hal yang perlu diperhatikan, apa saja?

Baca juga: Mana yang Lebih Unggul, Mobil Penggerak Roda Depan atau Belakang?

Pertama, perjalanan jarak jauh dengan kondisi jalan macet panjang membuat kerja mesin jadi lebih berat. Karenanya pastikan kondisi seluruh mekanisme terkait kerja mesin tidak ada yang bermasalah.

Kedua, perjalanan jauh macet dengan beragam debu yang menempel pada mobil menyebabkan sebagian komponen perlu dicek dan dibersihkan untuk menjaga perfoma mesin. Seperti saringan udara, busi, kondisi oli mesin, sistem pendingin, charging system, dan lainnya.

Cek busi mobilwww.amazon.ca Cek busi mobil

Ketiga, kerja pengereman yang cenderung berat saat perjalanan jauh dan macet, membuatnya perlu dicek kembali. Ini sangat penting, demi memastikan rem dalam keadaan baik dan bekerja sempurna ketika digunakan kembali sehari-hari.

Baca juga: Jasa Marga Segera Sesuaikan Tarif Tol JORR 1

Keempat, lakukan wheel aligment atau penyetelan roda-roda mobil, untuk memastikan kestabilan kendaraan.

“Mengingat perjalanan jauh, tentunya menghadapi berbagai kondisi jalanan rusak atau lubang jadi perlu untuk melakukan hal ini,” kata Suparna.

Kelima, periksa juga sistem kopling untuk mobil manual, demi menjamin perfomanya masih baik.

Terakhir, mobil yang habis di ajak pergi jalan-jalan, perlu juga dilakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki atau suspensi. Dengan begitu kendaraan akan siap untuk digunakan kembali dengan perfoma yang maksimal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X