Kompas.com - 20/10/2020, 19:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk menjaga penampilan sepeda motor. Meski begitu, mencuci motor sebaiknya dalam keadaan mesin dingin.

Ade Rohman, Technical Service Sub Departmen Head PT Daya Adicipta Motora, mengatakan, mencuci motor dalam keadaan panas dapat merusak komponen.

Baca juga: Cas Ponsel di Motor Bisa Sebabkan Aki Tekor?

"Hukum fisika menyebutkan saat terjadi perbedaan suhu secara drastis, bisa membuat menimbulkan perubahan, dalam kasus ini besi atau logam yang rusak," kata Ade, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ilustrasi cuci motorafifmotor.files.wordpress.com Ilustrasi cuci motor

Bagi motor yang menggunakan pipa knalpot yang dilapisi krom, kebiasaan tersebut juga dapat mengubah warnanya menjadi kekuningan.

Ade mengatakan, sebelum mencuci sebaiknya berikan jeda agar tidak terlalu panas, agar mengurangi risiko terjadinya kerusakan yang tidak diinginkan.

Baca juga: 3 Modal Pengendara Motor Hadapi Musim Hujan

"Saat kondisi suhu mesin masih panas, berikan jeda waktu 5-10 menit sebelum dicuci. Waktu ini akan membuat kondisi mesin dan komponen di dalamnya istirahat sejenak sebelum terguyur air yang punya perbedaan suhu drastis," katanya.

Ade mengatakan, kasus terparah yang pernah dialaminya ialah blok mesin motor konsumen retak karena melakukan pencucian ketika mesin masih dalam kondisi panas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.