Libur Panjang di Rumah Aja, Begini Cara Benar Mencuci Motor

Kompas.com - 30/10/2020, 13:22 WIB
Ilustrasi mencuci sepeda motor IstimewaIlustrasi mencuci sepeda motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang memanfaatkan libur panjang pekan ini untuk melakukan touring ke luar kota. Namun, tak sedikit juga yang bijak memutuskan untuk di rumah aja karena pandemi.

Untuk menghabiskan waktu liburan di rumah, pemilik sepeda motor bisa melakukan perawatan pada kendaraannya selagi tak dipakai. Tak hanya sekadar mencuci, tapi juga memoles bodinya.

Baca juga: Libur Panjang, Jangan Abai dengan Persiapan Rute Perjalanan

Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, di musim hujan ini, motor sering kali lebih kotor karena cipratan air hujan. Sehingga, kotoran juga dapat menempel pada bagian-bagian tertentu.

Memperingati Hari Guru Nasional, pelajar SMA Negeri 1 Kota Parepare, Sulawesi Selatan, mencuci sepeda motor milik guru mereka, Senin (25/11/2019).KOMPAS.com/Suddin Syamsuddin Memperingati Hari Guru Nasional, pelajar SMA Negeri 1 Kota Parepare, Sulawesi Selatan, mencuci sepeda motor milik guru mereka, Senin (25/11/2019).

Motor yang bersih akan nyaman digunakan oleh semua orang dan dapat menghindari adanya kerusakan yang mengakibatkan memburuknya kinerja mesin sepeda motor,” ujar Ade, dalam keterangan resminya.

Menurut Ade, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dihindari saat mencuci sepeda motor agar tetap aman dan nyaman, serta terhindar dari kerusakan.

"Sebelum mencuci sepeda motor, pastikan terlebih dahulu mesin sudah dalam keadaan kondisi suhu dingin. Sebab, bagian logam pada komponen motor yang masih panas, jika bersentuhan dengan air dingin saat mencuci adalah hal yang bertentangan,” kata Ade.

Baca juga: Libur Panjang Marak Tabrakan Beruntun, Ingat Teori 3 Detik

Ade menambahkan, bilas terlebih dahulu semua permukaan motor dengan air bersih sampai kotoran yang menempel pada bagian bodi sepeda motor hilang. Hati-hati terhadap kotoran yang menempel di bagian panel bodi, karena dapat merusak lapisan cat.

Cuci motor dengan cairan sabun khusus berbahan cair. Ade mengingatkan, perlu berhati-hati jika menggunakan bahan kimia saat mencuci, seperti detergen bubuk atau sejenisnya, karena dapat merusak dan memudarkan warna pada lapisan cat bodi sepeda motor. Selain itu, gunakan spons halus ketika mencuci sepeda motor agar tidak merusak permukaan cat bodi sepeda motor.

Ade menyarankan, saat mencuci sepeda motor tidak menggunakan air bertekanan tinggi, dikarenakan dapat mengganggu dan merusak bagian-bagian komponen, seperti radiator, rantai roda, panel speedometer, dan lainnya.

Salah seorang pegawai JDM Project sedang melakukan poles bodi di sepeda motor Honda PCX.Aditya Maulana, KompasOtomotif Salah seorang pegawai JDM Project sedang melakukan poles bodi di sepeda motor Honda PCX.

"Usai membersihkan cover body yang dilapisi dengan cat, dilanjutkan ke bagian-bagian bawah antara lain suspensi, roda, dan area bawah mesin. Hindari masuknya air ke dalam knalpot agar tidak terjadi karat sehingga akan mempengaruhi performa sepeda motor," ujar Ade.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X