Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Parkir dengan Posisi Ban Depan Tak Lurus, Power Steering Bisa Rusak?

Kompas.com - 27/10/2020, 13:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggapan saat parkir ban mobil harus lurus supaya tidak merusak power steering rupanya tidak sepenuhnya benar. Terutama untuk mobil-mobil keluaran terbaru.

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) Bambang Supriadi mengatakan, posisi ban tidak berpenaruh pada mobil yang telah menganut electric power steering (EPS).

Baca juga: Tanda-tanda Fuel Pump Motor Injeksi Mulai Melemah

Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.autoserviceprofessional.com Empat komponen, Electronic Power Steering (EPS), yaitu 1. EPS control unit. 2. EPS motor and resolver. 3. Reduction gear. 4. Torque sensor.

"Parkir dengan posisi ban lurus atau miring tidak akan ada pengaruhnya untuk mobil-mobil keluaran saat ini. Hal ini karena mobil tersebut sudah menganut electric power steering ( EPS),” katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Bambang menjelaskan, EPS bekerja mengandalkan motor elektronik untuk memberi tekanan pada rack steer. Motor elektrik tersebut mendapat tenaga dari perintah ECU.

Sedangkan pada power steering hidrolik, kata Bambang, sistem kerjanya masih mengandalkan oli dan ban harus dalam keadaan lurus saat parkir. Jika tidak, maka saat setir diputar akan terasa berat.

Baca juga: Ini Alasan Isi Bensin di SPBU Harus Matikan Mesin

Power steering hidraulik.toyotazone.co.za Power steering hidraulik.

EPS bekerja mengikuti perputaran mesin, ketika mobil hidup atau dalam posisi menyala. Sangat berbeda dibandingkan mobil keluaran lawas yang masih menggunakan power steering hidrolik.

"Jadi tidak ada pengaruhnya parkir dengan ban lurus atau miring, karena saat mesin mati tidak ada penyaluran tenaga ke ECU atau perangkat elektrikal lainnya," katanya Bambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.