Teknik Khusus Pakai Motor Kopling Melintasi Tanjakan

Kompas.com - 26/10/2020, 18:01 WIB
KompasOtomotif di atas Kawasaki W175. M Ghalib for KompasOtomotifKompasOtomotif di atas Kawasaki W175.

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor manual memang terbilang susah-susah gampang. Sebab, kita harus terbiasa menyeimbangkan bukaan kopling dan gas.

Kesulitan yang kerap ditemui oleh pengendara pemula ialah motor kopling yang sering mati di tanjakan. Padahal jika sudah menguasai tekniknya, maka motor kopling bisa dengan mulus melahap tanjakan.

Baca juga: Jangan Lewat Calo, Ini Biaya Resmi Bikin SIM A dan C

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, untuk melintasi tanjakan memang diperlukan teknik khusus. Jika tidak, bisa saja motor yang ditunggangi tiba-tiba mengalami mati mesin saat digunakan berkendara di jalan yang menanjak.

Ilustrasi tuas kopling motorStanly/Otomania Ilustrasi tuas kopling motor

“Kebanyakan pengendara pemula masih kurang tepat dalam pengoperasiannya, padahal sebenarnya kopling hanya digunakan pada saat perpindahan gigi saja, namun kebanyakan orang selalu menekan setengah kopling atau memainkan kopling saat motor jalan,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/10/2020).

Agus menjelaskan, pada posisi menanjak maka gigi harus berada pada posisi paling rendah dan pengemudi tidak perlu menarik kopling, kecuali motor dalam keadaan berhenti atau berjalan pelan sekali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan 5 Tahunan, Ini Syarat dan Alurnya

Jadi walaupun gigi satu, selama motor masih dalam keadaan berjalan normal pada kecepatan 10 Km per jam, maka mesin motor tidak akan mati walau kopling dilepas.

“Maka tipsnya adalah kurangi memegang kopling jika tidak diperlukan kecuali kondisi berhenti atau berjalan dibawah 5 Kpj, lalu gunakan gigi satu jika di tanjakan agar mesin motor dapat menarik beban dengan baik,” kata Agus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.