Nostalgia Bebek Retro Honda yang Sempat Mendominasi Pasar

Kompas.com - 24/10/2020, 08:02 WIB
Ilustrasi Honda Astrea Grand tmcblog.com/Restorasi Astrea Grand 91Ilustrasi Honda Astrea Grand

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor bebek retro sedang digandrungi pecinta otomotif beberapa tahun terakhir. Dari sekian merek, nama Honda tidak luput dari perhatian dengan model Astrea Series.

Honda Astrea Series pun cukup banyak modelnya dari C700 sampai Astrea Grand. Namun model yang paling sering ditemui di jalan ada tiga yaitu Astrea Star, Astrea Prima, dan Astrea Grand.

Bisa dimaklumi, model bebek legendaris dari Honda ini relatif mendominasi pasar di era 1980-1990-an. Praktis konsumen yang pernah mengendarainya kala itu, sekarang di era 2020, mau nostalgia.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Teruel, Nakagami Tercepat Disusul Vinales

1. Astrea Star

Honda Astrea Stardok.Arif Syahbani Honda Astrea Star

Astrea Star meluncur pada tahun 1985-1986 dan merupakan pengganti dari Honda C800. Berbeda dengan C800 yang masih serba kotak, Astrea Star justru hadir dengan sedikit lekuk.

Lampu depan yang berbentuk trapesium menjadi ciri khasnya, pun dengan lampu belakang yang cukup besar dan juga berbentuk trapesium. Sayangnya suspensi depan Star masih jadul seperti milik C800.

2. Astrea Prima

Honda Astrea Prima 1989 retorasi Foto: Istimewa Honda Astrea Prima 1989 retorasi

Astrea Prima masuk ke Indonesia pada 1988. Generasi pertamanya didatangkan dari Jepang. Namun kemudian generasi setelahnya dirakit oleh PT Federal Motor. Perbedaannya yang versi CBU masih menggunakan sistem starter engkol.

Astra Prima memiliki banyak nama. Di Thailand motor ini disebut Cub 100 EX dan Malaysia Dream EX 5. Motor ini banyak beredar di negara tetangga sebab memang didesain oleh Honda Jepang untuk market Asia Tenggara.

Baca juga: Selalu Dapat Poin Padahal Pakai Motor Bekas, Nakagami Dapat Motor Baru

Secara desain, Astrea Prima masih mengikuti pakem Star. Bedanya lampu depan lebih terang, bentuk sepatbor depan lebih panjang dan suspensi depan sudah model teleskopik.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X