Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Lelang Motor Replika Edisi Khusus buat Amal

Kompas.com - 23/10/2020, 16:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

ESTORIL, KOMPAS.com - Yamaha Eropa melansir Yamaha R1 2020 berdesain khusus. Sepeda motor warna putih dengan aksen merah muda itu merupakan motor replika pebalap.

Motor edisi khusus tersebut hanya dibuat satu unit, dan akan dilelang untuk amal. Hasil lelang akan diberikan kepada badan penelitian kanker Fondazione Oncologia Niguarda Onlus.

Baca juga: 6 Fakta Menarik Pebalap MotoGP Saat Balapan


Pirovano alias Piro merupakan pebalap WSBK Yamaha di akhir '80-an sampai awal '90-an. Pebalap berpaspor Italia itu meninggal pada 2016 setelah lama berjuang melawan kanker.

Lelang motor ini dilakukan sengaja menjelang WSBK Estoril. Piro berhasil meraih juara di Estoril pada 1993. Itu merupakan kemenangan ke-10 sekaligus terakhirnya bersama Yamaha.

Saat balapan di WBSK dia memakai Yamaha YZF 750 SP dengan skema warna yang cukup ikonik. Pada musim 1994, dia pindah ke Ducati dan akhirnya pensiun pada 2001 bersama Suzuki.

Baca juga: Bisakah SIM Gantikan KTP Saat Bayar Pajak Kendaraan?

Fabrizio PirovanoFoto: Istimewa Fabrizio Pirovano

Lelang motor dilakukan secara online dan berlangsung di eBay. Pembukaan dimulai Kamis 22 Oktober pukul 05.00 WIB hingga Minggu 1 November pukul 05.00 WIB.

Pemenang dapat memilih apakah ingin motor versi balap atau yang road legal memakai lampu dan sepatbor. Pemenang juga dapat memilih menggunakan knalpot Akrapovic dan ban Pirelli sebagai opsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com