Motor Bekas yang Laris Manis di Masa Pandemi

Kompas.com - 23/10/2020, 16:21 WIB
Motor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019). KOMPAS.com/GilangMotor bekas yang dijajakan di Talenta Motor, di Palmerah Barat, Jakarta, Rabu (6/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga saat ini memberi imbas penurunan omzet pada pedagang motor bekas. Namun ada satu jenis motor yang tetap menjadi primadona masyarakat bukan cuma di segmen motor baru, tetapi juga di bursa motor bekas.

Tidak sedikit masyarakat memang mencari skutik di masa pandemi seperti saat ini sebagai salah satu upaya pencegahan virus Covid-19, terutama bagi mereka yang ingin punya motor tapi harga miring maka pilihannya ialah skutik bekas.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Lawas Tak Cocok Pakai Oli Sintetis?

Darwin Danubrata, pedagang sepeda motor bekas Songsi Motor Jagakarsa Jakarta Selatan mengatakan, di tengah pandemi yang belum juga usai penjualan motor yang masih cukup baik ialah segmen skutik entry level.

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

“Matik kelas bawah (BeAT, Mio, dan lainnya) masih laku. Dari sebelum hingga pandemi motor matik memang yang paling banyak dicari,” ujar Darwin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Apa Benar Saat Mobil Transmisi Matik Mogok Tak Boleh Didorong?

“Biasanya tidak sampai seminggu sudah laku. Honda BeAT 2015 sampai 2017, yang kisaran harga Rp 8 juta sampai Rp 9 juta paling banyak peminatnya,” lanjut Darwin.

Pada kesempatan yang berbeda, Yosia Hermato, pedagang motor bekas dari Talenta Motor Jakarta Barat menambahkan, selama pandemi dan pemberlakuan PSBB skutik merupakan model yang masih bisa terjual.

“Macam-macam sih, tapi paling laku Honda, skutik seperti BeAT, Vario. Yamaha Nmax juga lumayan laku,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X