Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2020, 16:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga saat ini memberi imbas penurunan omzet pada pedagang motor bekas. Namun ada satu jenis motor yang tetap menjadi primadona masyarakat bukan cuma di segmen motor baru, tetapi juga di bursa motor bekas.

Tidak sedikit masyarakat memang mencari skutik di masa pandemi seperti saat ini sebagai salah satu upaya pencegahan virus Covid-19, terutama bagi mereka yang ingin punya motor tapi harga miring maka pilihannya ialah skutik bekas.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Mobil Lawas Tak Cocok Pakai Oli Sintetis?

Darwin Danubrata, pedagang sepeda motor bekas Songsi Motor Jagakarsa Jakarta Selatan mengatakan, di tengah pandemi yang belum juga usai penjualan motor yang masih cukup baik ialah segmen skutik entry level.

Honda Beat KOMPAS.com/Gilang Honda Beat

“Matik kelas bawah (BeAT, Mio, dan lainnya) masih laku. Dari sebelum hingga pandemi motor matik memang yang paling banyak dicari,” ujar Darwin saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/10/2020).

Baca juga: Apa Benar Saat Mobil Transmisi Matik Mogok Tak Boleh Didorong?

“Biasanya tidak sampai seminggu sudah laku. Honda BeAT 2015 sampai 2017, yang kisaran harga Rp 8 juta sampai Rp 9 juta paling banyak peminatnya,” lanjut Darwin.

Pada kesempatan yang berbeda, Yosia Hermato, pedagang motor bekas dari Talenta Motor Jakarta Barat menambahkan, selama pandemi dan pemberlakuan PSBB skutik merupakan model yang masih bisa terjual.

“Macam-macam sih, tapi paling laku Honda, skutik seperti BeAT, Vario. Yamaha Nmax juga lumayan laku,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com