Toyota Avanza Rajai MPV Murah di September 2020, Livina-Xpander Anjlok

Kompas.com - 20/10/2020, 07:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Avanza berhasil menjadi mobil keluarga tujuh penumpang atau low multi purpose vehicle (LMPV) terlaris secara bulanan, pada periode September 2020.

Kendaraan berjuluk 'mobil sejuta umat' ini berhasil mengalahkan pesaingnya, Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander, dengan capaian 1.988 unit atau naik signifikan dari bulan sebelumnya 474 unit.

"Saat itu, stok di diler masih memadai sehingga wholesales (penjualan dari pabrik ke diler) menyesuaikan disamping aktivitas pabrik belum optimal," kata Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy beberapa waktu lalu.

Baca juga: Penjualan Mobil September Jadi yang Terbanyak Selama Pandemi

Ilustrasi sewa Toyota Avanzajejakpiknik.com Ilustrasi sewa Toyota Avanza

Meski demikian, capaian ini belum pulih sepenuhnya dibandingkan realisasi tahun lalu yang berhasil mencatatkan angka penjualan sebanyak 9.476 unit.

Tepat berada di bawahnya, ada Livina yang mengalami penurunan tajam sebesar 78 persen dari Agustus 2020, yakni 6.338 unit ke 1.377 unit.

Namun dibanding periode sama tahun sebelumnya alias pra-facelift, ada peningkatan sebesar 79.7 persen.

Adapun kembarannya, Xpander, membuntuti di belakang dengan angka penjualan 960 unit. Mobil andalan Mitsubishi ini memang ada peningkatan secara bulanan, tapi belum begitu signifikan atau hanya 156 unit saja.

Secara keseluruhan, total LMPV yang didistribusikan ke diler selama September 2020 ialah 5.404 unit. Artinya, kontribusi mobil di segmen ini tetap terjaga sebesar 11,1 persen dari total wholesales nasional.

Baca juga: Penjualan Mobil di September Kembali Tumbuh, Ini 5 Merek Terlaris

Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Test Drive Xpander Cross

Berikut daftar MPV murah terlaris pada Septeber 2020:

Toyota Avanza: 1.988 unit
Nissan Livina: 1.377 unit
Mitsubishi Xpander: 960 unit
Daihatsu Xenia: 396 unit
Suzuki Ertiga: 346 unit
Honda Mobilio: 189
Wuling Confero: 148

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.