Plus Minus Memilih Posisi Duduk di Bus Tingkat

Kompas.com - 19/10/2020, 19:21 WIB
Bus AKAP PO Nusantara awansan.comBus AKAP PO Nusantara

JAKARTA, KOMPAS.comBus tingkat atau double decker di Indonesia sudah semakin banyak peredarannya. Naik bus tingkat memang memberikan sensasi yang berbeda daripada naik bus biasa yang hanya satu lantai.

Ketika naik bus tingkat, penumpang bisa memilih, ingin duduk di atas atau di bawah. Kedua posisi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bisa disesuaikan dengan keinginan penumpang.

Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, kalau memilih untuk duduk di lantai bawah, kelebihannya yaitu tidak terasa limbung, cocok untuk penumpang yang mudah mabuk darat.

Baca juga: Kondisi Terkini Rossi Setelah 3 Hari Kena Covid-19

Bus AKAP Garuda MasEdward Membuat Blog Bus AKAP Garuda Mas

“Namun kekurangan duduk di lantai bawah yaitu pandangannya yang enggak luas,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Senin (19/10/2020).

Jika memilih duduk di lantai dua, Dimas mengatakan, pandangan penumpang ke luar lebih luas. Namun kekurangannya yaitu lebih terasa limbung. Limbung akan terasa saat bus sedang belok atau menyalip kendaraan lain.

Baca juga: Alex Rins Juara Baru GP Aragon

Double decker rahayu santosatribunnews.com Double decker rahayu santosa

“Duduk di bawah biasanya lebih mewah kelasnya. Selain itu lebih cocok untuk penumpang yang ingin beristirahat,” kata Dimas.

Sedangkan di lantai atas, biasanya memakai susunan kursi dua di kanan dan dua di kiri (2-2) dan kelas yang lebih rendah, seperti Eksekutif. Namun duduk di posisi yang lebih tinggi memang memberikan pandangan yang luas ke luar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X