Jangan Mau Ditipu, Pahami Dulu Proses Coating

Kompas.com - 19/10/2020, 15:01 WIB
proses coating KOMPAS.com / nandaproses coating

JAKARTA, KOMPAS.com - Melakukan perawatan pada tampilan luar mobil dengan cara coating mulai banyak dilakukan para pencinta roda empat. Sayangnya, masih sedikit orang yang paham apa dan bagaimana itu coating seharusnya.

Layanan coating adalah perlindungan cat pada kendaraan. Sehingga, tampilan cat menjadi lebih maksimal dan tidak mudah lecet.

Baca juga: Perlukah Melakukan Coating pada Mobil Bekas?

Christopher Sebastian, Presiden Direktur Top Coat Indonesia, mengatakan, dalam melakukan coating itu melalui beberapa tahapan.

Konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan alasan dibilang dengan membayar atau menambah sekitan juta rupiah lagi, proses melapisi bodi mobil itu bisa menjadi maksimal.

Ilustrasi Coating MobilKOMPAS.com / Aditya Maulana Ilustrasi Coating Mobil

"Banyak yang dibilang kalau coating di tempat kami itu tiga lapisan (layer) atau beberapa layer. Pada dasarnya kalau coating itu memang harus melalui proses beberapa layer dulu," kata Christopher, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Christopher menambahkan, pada dasarnya, sebelum mulai coating mobil tersebut harus dibersihkan atau disebut dengan istilah auto-detailing. Setelah itu, baru bisa lakukan proses coating.

Baca juga: Mobil Sudah Lapis Coating, Apa Masih Perlu Dicuci?

"Auto detailing saja ada tiga tahapan, belum lagi proses coating memang secara dasarnya ada tiga tahapan juga, sampai benar-benar selesai," ujar Christopher.

Menurut Christopher, konsumen jangan mau dimanfaatkan dengan dibilang harus bayar lebih mahal hanya karena dilakukan beberapa layer untuk coating. Sebab, prosesnya memang seperti itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X