Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu yang Tepat Servis Suspensi Depan Motor?

Kompas.com - 19/10/2020, 10:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comSuspensi depan motor atau biasa disebut dengan fork, berfungsi untuk meredam jalan yang kurang baik kondisinya. Jika merasakan suspensi mulai mengeras, fork standar pabrikan ini sebenarnya bisa servis di bengkel resmi.

Technical Divison PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, melakukan servis suspensi ini bisa dilakukan kapan saja, sesuai permintaan dari pemilik motor.

“Memang di jadwal perawatan hanya menyebutkan untuk cek suspensi depan dan belakang, tidak mengatakan untuk servis,” ucap Endro kepada Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Skema Kredit Kijang Innova, Cicilan Mulai Rp 5,6 Juta per Bulan

Honda Vario Foto: Istimewa Honda Vario

Pengecekan suspensi ini diperlukan apabila suspensi depan ada kebocoran oil seal atau pipa yang rusak dan harus diganti. Pengecekan kebocoran, bisa dilakukan dengan visual, apakah ada bocor atau tidak.

“Suspensi yang oil sealnya bocor, di sekitar pipanya ada oli, bahkan kalau sudah parah, sampai menetes ke roda. Kalau sudah bocor, perlu diganti oil seal yang baru,” kata Endro.

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2020, Alex Rins Juara, Marquez Podium Lagi

Spatbor depan Yamah XSR155 Foto: Istimewa Spatbor depan Yamah XSR155

Namun apabila pemilik merasa suspensinya jadi keras atau empuk, perlu dicek kondisi olinya, bila perlu diganti. Ketika dibengkel, pengecekan fungsi suspensi keras atau lemah ini dilakukan dengan cara diayun-ayun.

“Pemilik bisa saja meminta untuk melakukan servis suspensi. Mau cepat atau lama ganti olinya, itu sesuai keinginan pemilik, enggak masalah kapannya,” ucap Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com