Kapan Waktu yang Tepat Servis Suspensi Depan Motor?

Kompas.com - 19/10/2020, 10:42 WIB
Honda CB150R ExMotion. Suspensi depan menggunakan upside-down merek Showa. Febri Ardani/KompasOtomotifHonda CB150R ExMotion. Suspensi depan menggunakan upside-down merek Showa.

JAKARTA, KOMPAS.comSuspensi depan motor atau biasa disebut dengan fork, berfungsi untuk meredam jalan yang kurang baik kondisinya. Jika merasakan suspensi mulai mengeras, fork standar pabrikan ini sebenarnya bisa servis di bengkel resmi.

Technical Divison PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, melakukan servis suspensi ini bisa dilakukan kapan saja, sesuai permintaan dari pemilik motor.

“Memang di jadwal perawatan hanya menyebutkan untuk cek suspensi depan dan belakang, tidak mengatakan untuk servis,” ucap Endro kepada Kompas.com, Minggu (18/10/2020).

Baca juga: Skema Kredit Kijang Innova, Cicilan Mulai Rp 5,6 Juta per Bulan

Honda Vario Foto: Istimewa Honda Vario

Pengecekan suspensi ini diperlukan apabila suspensi depan ada kebocoran oil seal atau pipa yang rusak dan harus diganti. Pengecekan kebocoran, bisa dilakukan dengan visual, apakah ada bocor atau tidak.

“Suspensi yang oil sealnya bocor, di sekitar pipanya ada oli, bahkan kalau sudah parah, sampai menetes ke roda. Kalau sudah bocor, perlu diganti oil seal yang baru,” kata Endro.

Baca juga: Hasil MotoGP Aragon 2020, Alex Rins Juara, Marquez Podium Lagi

Spatbor depan Yamah XSR155 Foto: Istimewa Spatbor depan Yamah XSR155

Namun apabila pemilik merasa suspensinya jadi keras atau empuk, perlu dicek kondisi olinya, bila perlu diganti. Ketika dibengkel, pengecekan fungsi suspensi keras atau lemah ini dilakukan dengan cara diayun-ayun.

“Pemilik bisa saja meminta untuk melakukan servis suspensi. Mau cepat atau lama ganti olinya, itu sesuai keinginan pemilik, enggak masalah kapannya,” ucap Endro.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X