Ini Alasan Kenapa Mobil Modern Pakai Oli Lebih Encer

Kompas.com - 14/10/2020, 15:10 WIB
Ilustrasi warna oli Ilustrasi warna oli
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan mesin mobil saat ini sudah lebih jauh modern, dikarenakan hal tersebut, tuntutan penggunaan oli atau pelumasnya juga telah mengalami pergeseran.

Dari sebelumnya kebanyakan oli lebih kental, sekarang justru makin encer. Jika dulu, mobil produksi 1990-an cocok menggunakan oli dengan SAE (Sociaty of Automotive Engineers) 40W, sedangkan keluaran terbaru sudah harus pakai pelumas yang lebih encer, seperti OW-10, encer seperti air biasa.

Lalu apa alasannya, menjawab hal ini Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), menjelaskan kebutuhan oli yang lebih encer dikarenakan menyesuaikan dari karakter mesin.

Baca juga: Alasan Oli Mesin Punya Warna Berbeda-beda

"Berangkat dari tuntutan dari teknologinya juga, saat ini orang ingin mobil dengan kapasitas mesin (kubikasi) yang tidak terlalu besar tapi punya tenaga yang baik disertai tingkat konsumsi bahan bakar juga yang lebih irit. Jadi karena itu, kekentalan oli berkurang menjadi lebih encer," ucap Bambang kepada Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

Ilustrasi ganti oliDeltalube Ilustrasi ganti oli

Lebih lenjut Bambang mengatakan, dampak dari perkembangan teknologi juga membuat proses pembuatan mesin kendaraan bermotor lebih baik lagi. Dengan artian tingkat kepresisiannya makin tinggi, alias rapat.

Nah, dikarenakan kerapatannya lebih baik, otomatis membuat oli encer lebih cocok digunakan karena karena bisa masuk sampai ke celah-celah tersempit di sektor mesin kendaraan.

Baca juga: Benarkah Kualitas Oli Mesin Berdampak pada Efisiensi Bahan Bakar?

Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGCSHUTTERSTOCK Ilustrasi mengganti oli mesin pada mobil LCGC

"Karena lebih persisi dan mesin juga makin kompak, maka jenis olinya lebih ke encer. Bila menggunakan oli dengan karakter kental, tidak efektif, akhirnya celah-celah pada mesin juga tidak terlumasi dengan baik yang membuat mobil bisa mengalami masalah, seperti penas, aus, dan sebagainya." kata Bambang

"Selain itu, agar lebih efisien, mesin modern juga punya gaya gesekan atau friksi yang rendah, karena itu bisanya yang lebih cocok memang oli encer," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X