Catat, Ada Pantangan Usai Pasang Kaca Film Mobil

Kompas.com - 14/10/2020, 10:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memasang kaca film pada mobil, banyak pemilik mobil yang tidak paham larangan apa saja yang harus dihindari. Sehingga, banyak yang menyesal ketika kaca film tersebut mengalami kerusakan.

Christopher Sebastian, CEO Makko Group, mengatakan, kurangi aktivitas menaik-turunkan kaca bagian samping. Setidaknya, sekitar satu sampai dua hari setelah kaca film dipasang.

Baca juga: Kaca Film Juga Bisa Antivirus dan Bakteri

Proses pemasangan kaca film KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Proses pemasangan kaca film

"Kalau sering naik-turunkan lem atau posisi kaca film itu dalam jangka waktu yang tidak begitu lama akan menjadi menggelembung," ujar Christopher, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Agus Setiadi, pemilik toko Griya Auto Film di MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat, juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, meski terlihat sudah kering, sebenarnya kondisi perekat di dalamnya masih basah.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Kaca Film Bisa Bikin Mobil Irit Bensin?

"Sebaiknya, tunggu minimal sampai tiga hari. Setelah itu baru boleh, karena dipastikan lemnya sudah kering," kata Agus, dalam kesempatan yang berbeda.

Jadi, sebaiknya pikirkan juga waktu yang tepat untuk memasang kaca film mobil. Jangan memasangnya jika mobil masih akan sering digunakan. Jika memang harus bepergian, bisa gunakan kendaraan lainnya atau kendaraan umum.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.