Kompas.com - 13/10/2020, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap kendaraan roda dua baik matik maupun manual memerlukan oli untuk melumasi setiap komponen di mesin.

Meski sama-sama memiliki fungsi untuk melumasi, ternyata oli motor matik dan maupun manual memiliki spesifikasi yang berbeda.

Lantas bisakah saling tukar pakai antara oli motor matik dan oli motor manual?

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong, Mamal Syahrudin mengatakan motor manual tidak bisa menggunakan oli motor matik sebab jika dipaksakan bisa menimbulkan selip pada koplingnya.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ini Makna di Balik Nomor Motor Pebalap MotoGP

“Hal ini lantaran pelumas oli mesin motor matik lebih dikhususkan kepada kinerja dari mesin. Sedangkan jika sebaliknya, oli mesin manual dipakai ke mesin matik itu bisa saja,” ujar pria yang akrab disapa Mamal kepada Kompas.com, Selasa (13/10/2020).

Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.onlythefew.wordpress.com Kopling kering tidak terendam pelumas mesin.

Lebih lanjut, mamal menjelaskan, kebanyakan motor matik menggunakan kopling kering yang di mana tugas dari oli hanya untuk memberikan perlindungan internal terhadap mesin saja.

“Jadi bukan menjadi masalah jika oli manual dipakai untuk motor matik,” katanya.

Kendati demikian, hal tersebut tentu tidak disarankan. Oleh sebab itu, Mamal mengatakan, sebaiknya pemilik kendaraan tetap menggunakan oli sesuai dengan yang sudah diperuntukkan.

Baca juga: Ngecas Ponsel di Output Motor Bikin Aki Cepat Tekor?

Mamal menambahkan, pemilik kendaraan sebaiknya jeli untuk membedakan oli motor matik dan oli motor manual dengan melihat dari kode Jaso atau Japanese Automotive Standards Association.

“Biasanya untuk oli motor matik ini mendapatkan kode JASO MB yang berarti menunjukan terdapat kandungan Molibdenum di dalam oli tersebut. kandungan ini berguna untuk menambahkan tingkat pelumasan pada mesin,” kata Mamal.

Sedangkan pada oli motor manual ini mendapatkan kode JASO MA yang berarti terdapat kandungan zat aditif berupa senyawa yang berguna untuk menjadikan kopling menjadi presisi.

“Jika kita menggunakan oli motor matik maka pergesekan gigi transmisi akan menjadi kasar,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.