Ini Daftar Bus AKAP Double Decker via Tol Trans Jawa

Kompas.com - 13/10/2020, 17:25 WIB
Bus trans Jawa berjenis double decker yang dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera resmi mengaspal per Kamis (14/2/2019) KOMPAS.COM/VINTORIO MANTALEANBus trans Jawa berjenis double decker yang dioperasikan oleh PO Putera Mulya Sejahtera resmi mengaspal per Kamis (14/2/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com – Infrastruktur jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan berbagai kota di Pulau Jawa, mulai dari Pelabuhan Merak di Banten sampai Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur.

Adanya akses ini mempermudah bus antar kota antar provinsi (AKAP) untuk beroperasi serta waktu tempuh yang dibuat semakin singkat.

Selain itu, jalan tol yang mulus membuat operator bus mulai menggunakan bus tingkat atau double decker melewati tol Trans Jawa.

Diketahui bus tingkat memiliki dua lantai, bagian dek bawah dan atas. Selain itu karena bebannya yang berat, bus tingkat harus menggunakan sasis premium dengan tiga as roda, atau biasa disebut dengan sasis tronton.

Baca juga: Benelli Pastikan Keeway V250 Fi Meluncur Oktober 2020

Bus tingkat AKAP milik PO Agra Mas yang dioperasikan melayani rute Jakarta-Jepara.Dokumentasi Agra Mas Bus tingkat AKAP milik PO Agra Mas yang dioperasikan melayani rute Jakarta-Jepara.

Untuk sasisnya sendiri juga spesial, memiliki tenaga dan torsi yang besar untuk menggendong bodi bus tingkat yang berat. Rata-rata sasis tronton ini memiliki tenaga di atas 400 TK dengan torsi sekitar 2.000 Nm.

Berikut ini Kompas.com kumpulkan beberapa perusahaan otobus (PO) yang menggunakan armada bus tingkat dan melewati tol Trans Jawa.

1. Agramas

PO pertama yaitu PO Agramas, yang menggunakan bus tingkat buatan Adiputro, Jetbus 2+ Super Double Decker (SDD). Bus tingkat PO Agramas ini melayani trayek Magetan – Parung. Tarifnya dibedakan dari tujuan dan lantai yang dipilih, apakah lantai atas atau bawah.

Baca juga: Jangan Dekat-dekat dengan Truk Walaupun Sedang Berhenti

Untuk tujuan Jawa Tengah seperti Wonogiri, Karanganyar, Magelang, Sragen, Klaten, Yogyakarta, dan Temanggung dek atas dihargai Rp 210.000 dan dek bawah Rp 310.000.

Sedangkan tujuan Jawa Timur seperti Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo, diberi tarif Rp 230.000 untuk dek atas dan Rp 330.000 untuk kursi di lantai bawah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X