Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Bus AKAP Double Decker via Tol Trans Jawa

Kompas.com - 13/10/2020, 17:25 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Infrastruktur jalan tol Trans Jawa yang menghubungkan berbagai kota di Pulau Jawa, mulai dari Pelabuhan Merak di Banten sampai Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi, Jawa Timur.

Adanya akses ini mempermudah bus antar kota antar provinsi (AKAP) untuk beroperasi serta waktu tempuh yang dibuat semakin singkat.

Selain itu, jalan tol yang mulus membuat operator bus mulai menggunakan bus tingkat atau double decker melewati tol Trans Jawa.

Diketahui bus tingkat memiliki dua lantai, bagian dek bawah dan atas. Selain itu karena bebannya yang berat, bus tingkat harus menggunakan sasis premium dengan tiga as roda, atau biasa disebut dengan sasis tronton.

Baca juga: Benelli Pastikan Keeway V250 Fi Meluncur Oktober 2020

Bus tingkat AKAP milik PO Agra Mas yang dioperasikan melayani rute Jakarta-Jepara.Dokumentasi Agra Mas Bus tingkat AKAP milik PO Agra Mas yang dioperasikan melayani rute Jakarta-Jepara.

Untuk sasisnya sendiri juga spesial, memiliki tenaga dan torsi yang besar untuk menggendong bodi bus tingkat yang berat. Rata-rata sasis tronton ini memiliki tenaga di atas 400 TK dengan torsi sekitar 2.000 Nm.

Berikut ini Kompas.com kumpulkan beberapa perusahaan otobus (PO) yang menggunakan armada bus tingkat dan melewati tol Trans Jawa.

1. Agramas

PO pertama yaitu PO Agramas, yang menggunakan bus tingkat buatan Adiputro, Jetbus 2+ Super Double Decker (SDD). Bus tingkat PO Agramas ini melayani trayek Magetan – Parung. Tarifnya dibedakan dari tujuan dan lantai yang dipilih, apakah lantai atas atau bawah.

Baca juga: Jangan Dekat-dekat dengan Truk Walaupun Sedang Berhenti

Untuk tujuan Jawa Tengah seperti Wonogiri, Karanganyar, Magelang, Sragen, Klaten, Yogyakarta, dan Temanggung dek atas dihargai Rp 210.000 dan dek bawah Rp 310.000.

Sedangkan tujuan Jawa Timur seperti Pacitan, Ngawi, dan Ponorogo, diberi tarif Rp 230.000 untuk dek atas dan Rp 330.000 untuk kursi di lantai bawah.

2. Putera Mulya

PO kedua yaitu PO Putera Mulya yang menggunakan bodi serupa yaitu Jetbus 2+ SDD dari Adiputro namun sepertinya sudah melakukan penyegaran dengan mengubah tampilannya menjadi Jetbus 3+ SDD.

Bus AKAP Garuda MasEdward Membuat Blog Bus AKAP Garuda Mas

PO asal Wonogiri ini melayani trayek Jabodetabek – Wonogiri. Sama seperti PO Agramas, tiket untuk dek bawah lebih mahal dibandingkan di lantai atas. Untuk Elegant Class di lantai bawah tarifnya Rp 500.000 sedangkan First Executive Class di atas, harga tiketnya Rp 400.000.

3. Garuda Mas

PO Ketiga ada PO Garuda Mas yang juga menggunakan bus tingkat buatan Adiputro, memakai bodi Jetbus 2+ SDD. Trayek dari PO Garuda Mas ini yaitu Jakarta – Purwodadi dengan kelas Executive dan tarifnya Rp 250.000.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com