Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumors Kehadiran Mazda CX-70, Calon Rival Fortuner dan Pajero Sport

Kompas.com - 10/10/2020, 08:02 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Aliansi Isuzu dan Mazda telah melahirkan pikap kabin ganda dari satu platform yang sama. Mobil itu adalah Isuzu D-Max dan Mazda BT-50 yang mulai dijual pada 2021 di Australia.

Usai kehadiran mobil tersebut, sejumlah fans tentu mengharapkan kehadiran SUV Mazda yang mengambil basis dari Isuzu MU-X.

Rencana tersebut mungkin saja terwujud, apalagi Mazda memang belum memiliki line-up SUV dengan kapasitas tujuh penumpang yang menggunakan sasis ladder frame.

Baca juga: Mobil Lebih Boros Pakai Premium, Apa Penyebabnya?

Mazda BT-50Motor1.com Mazda BT-50

Dilansir dari Car Advice, gambar olah digital Mazda CX-70 yang merupakan SUV calon pesaing Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport beredar di internet.

Untuk saat ini nama tersebut memang masih dalam khayalan. Tapi dengan kehadiran CX-30, CX-50 dan CX-90, meluncurnya CX-70 bukan hal yang mustahil.

Apalagi aliansi Isuzu dan Mazda telah berhasil meluncurkan pikap kabin ganda dari platform yang sama. Kemunculan CX-70 yang menggunakan basis MU-X tentu dapat menekan biaya produksi.

Baca juga: Belum Meluncur, Toyota Fortuner Facelift Sudah Diskon Rp 15 Juta

Ilustrasi Isuzu MU-Xcaradvice.com Ilustrasi Isuzu MU-X

Mazda bisa menggunakan opsi pengembangan berbiaya rendah dalam mengadopsi platform MU-X. Skema ini membuat SUV Mazda tetap memiliki ciri khas meski menggunakan basis yang sama dengan merek lain.

Secara tampilan, SUV ini pasti akan mengusung desain Kodo yang sudah jadi ciri khas Mazda. Sementara dari sisi interior, seperti biasanya Mazda akan lebih identik dengan kemewahan.

Urusan mesin tidak ada salahnya jika Mazda mengusung dapur pacu yang sama persis dengan milik MU-X yang andal di berbagai medan.

Baca juga: Ke Bali Naik Bus Sultan, Cuma Rp 250.000

Ilustrasi Mazda CX-70caradvice.com Ilustrasi Mazda CX-70

Pilihan paling umum tentu saja unit mesin turbo diesel 3.000 cc 4-silinder bertenaga sekitar 187 tik dan torsi 450 Nm.

Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan penggerak 4x4 dengan locking rear differential.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com