Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompak dan Berkelas, Begini Tampilan Yaris Cross Bikinan Lexus

Kompas.com - 10/10/2020, 07:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah merek dagang bernama ‘LBX’ telah didaftarkan sebagai nama mobil baru oleh divisi mobil mewah Toyota, Lexus. Beberapa sumber mengatakan bahwa LBX merupakan sebuah crossover lantaran mengadopsi huruf X di namanya.

Dilansir dari laman Response, disinyalir kode BX merujuk pada SUV berbasis Yaris Cross, SUV kompak Toyota yang meluncur pertengahan tahun ini.Maka apabila disatukan, LBX merupakan SUV Lexus yang menggunakan basis dari Yaris Cross.

Hal ini bisa terjadi lantaran platform TNGA-B yang digunakan Yaris Cross, kini diadopsi juga oleh Lexus.

Baca juga: Mobil Lebih Boros Pakai Premium, Apa Penyebabnya?

Ilustrasi Toyota Yaris Cross varian hybridToyota Global Ilustrasi Toyota Yaris Cross varian hybrid

Tentu saja mobil ini bakal diposisikan lebih mahal dan lebih mewah dari Yaris Cross reguler. Bisa dibilang LBX menjadi SUV Lexus terkecil saat ini, setelah sebelumnya diembang Lexus UX.

Meski begitu, kabarnya mobil ini akan memiliki dimensi yang sedikit lebih besar ketimbang SUV Toyota. Terlebih mobil ini akan menyajikan ruang interior dengan kualitas material yang lebih tinggi.

Bicara soal desain, Lexus tampaknya akan menyematkan desain yang sudah disematkan pada Lexus UX.

Baca juga: Harga Innova Bekas di Balai Lelang Cuma Rp 70 Jutaan

Ilustrasi Lexus UX 300eresponse.jp Ilustrasi Lexus UX 300e

Menariknya tampialn fascia akan dibuat lebih berani dan kuat berkat garis-garis tegas sesuai bahasa desain Lexus saat ini.

Tak ketinggalan juga lampu depan tipis dengan LED berbentuk L, yang memberikan efek tiga dimensi. Desain ini turut memberikan kesan kompak, namun mewah.

Urusan mesin, santer terdengar bahwa mobil ini mengusung mesin hybrid 1.500 cc 3-silinder dengna motor listrik.

Baca juga: Ke Bali Naik Bus Sultan, Cuma Rp 250.000

Ilustrasu Lexus UX 300eresponse.jp Ilustrasu Lexus UX 300e

Sementara dari fitur keselamatan, Lexus berkode LBX ini akan dilengkapi Lexus Safety System+ generasi kedua yang mulai diperkenalkan pada 2018.

Salah satu fitur unggulannya berupa Pre-crash Safety (PCS), untuk menghindari tabrakan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki, termasuk kecelakaan akibat salah lajur.

Teknologi lainnya berupa Lane Departure Alert (LDA) dan Automatic High Beam (AHB) yang berkontribusi mencegah kecelakaan.

Di pasaran, LBX akan melakukan debut pada musim gugur 2021. Kompak SUV ini akan bersaing langsung dengan Mercedes-Benz GLA dengan banderol sekitar 500.000 yen atau sekitar Rp 692 jutaan, yang lebih murah dari Lexus UX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com