Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Siapkan SUV Baru CX-50, Calon Pengganti CX-5?

Kompas.com - 29/07/2020, 08:42 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comMazda CX-5 merupakan SUV kompak pertama yang mengusung bahasa desain perusahaan KODzO. Mobil ini pertama kali diluncurkan pada 2012, kemudian generasi keduanya hadir pada 2017 lalu.

Bisa dibilang, CX-5 generasi kedua saat ini baru berusia 3 tahun. Namun, sebagai salah satu SUV terlaris, Mazda sudah merencanakan penggantinya di masa depan.

Dilansir dari laman Spyder7, prinsipal Mazda telah mengajukan nama ‘CX-50’ di European Patent Office. Nama baru ini mungkin saja disiapkan untuk generasi ketiga CX-5, setelah peluncuran CX-30 yang sebelumnya merupakan CX-3.

Baca juga: Kalah Saing dengan SUV Kecil, Mitsubishi Mau Suntik Mati Pajero

Hasil olah digital Mazda CX-30response.jp Hasil olah digital Mazda CX-30

Mazda dikabarkan juga telah membuat nama dagang untuk model CX-10 hingga CX-90, sebagai salah satu cara agar tidak dipakai pabrikan lain.

Menariknya, terdapat rumor bahwa Mazda sedang mengembangkan platform sasis berpenggerak roda belakang yang mengusung mesin 6-silinder buat Mazda6 generasi baru hingga calon SUV CX-50.

Masih dari laporan Spyder7, SUV baru ini nantinya akan dibekali dengan mesin yang benar-benar baru, yakni 3.000 cc 6-silinder SkyActiv-X dengan hybrid ringan, tak ketinggalan juga mesin diesel 3.300 cc 6-silinder SkyActiv-D.

Baca juga: Selamat Jalan Bapak Grand Livina Indonesia, Teddy Irawan

Mesin mobil Mazda yang berteknologi SKYACTIV-Xresponse.jp Mesin mobil Mazda yang berteknologi SKYACTIV-X

Di bawah varian tersebut, terdapat unit SkyActiv-G 2.500 cc 4-silinder dengan hybrid ringan, kemudian SkyActiv-G 2.500 cc 4-silinder dengan turbocharger, serta SkyActiv-D 2.200 cc 4-silinder.

Bicara soal desain, CX-50 akan mengusung gaya sebuah kupe dengan garis atap yang lebih rendah. Serta garis-garis fascia yang lebih tajam sebagai evolusi dari desain KODO.

Belum ada kabar apakah CX-50 akan menjadi pengganti CX-5 atau dijual beriringan dengan SUV tersebut.

Namun diperkirakan mobil ini akan melakukan debutnya paling cepat pada 2021 atau awal 2022. Pada saat itu, CX-5 generasi kedua telah dijual selama 5 tahun dan telah mencapai siklusnya untuk melakukan ganti model.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com