Bahaya, Jangan Megendarai Mobil Transmisi Matik Pakai 2 Kaki

Kompas.com - 08/10/2020, 12:41 WIB
Ilustrasi posisi kaki di mobil SHUTTERSTOCKIlustrasi posisi kaki di mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pengendara mobil matik yang sulit menghilangkan kebiasaannya saat mengendarai mobil manual, yaitu menggunakan kedua kakinya.

Pada mobil manual, memang perlu untuk menggunakan kedua kaki. Sebab, terdapat tiga pedal, yakni pedal kopling, rem, dan gas.

Baca juga: Catat, Jangan Lakukan Ini Saat Mengemudikan Mobil Transmisi Matik

Berbeda dengan mobil bertransmisi otomatis yang hanya memiliki dua pedal saja, yaitu pedal rem dan pedal gas. Namun, masih ada juga orang yang mengoperasikannya dengan dua kaki. Kaki kanan di pedal gas dan kaki kiri di pedal rem.

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, saat mengemudikan mobil, posisi kaki yang benar adalah kaki kanan saja yang bekerja untuk mengontrol rem dan gas.

“Hal ini bertujuan agar lebih aman, karena bila pakai dua kaki pada mobil matik, maka ada kemungkinan saat mengerem kaki kanan masih injak pedal gas,” ujar Marcell, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Cara Mudah Mengetahui Kebocoran Oli Transmisi Matik Mobil

Marcell melanjutkan, jika kaki kiri sudah memiliki kebiasaan untuk menginjak dengan cepat seperti menginjak kopling, maka berbahaya bila kaki kiri di rem.

“Bisa saja kita menginjak pedal rem seperti kita menginjak pedal kopling, sehingga menyebabkan mobil berhenti mendadak dan mengalami tabrak belakang,” kata Marcell.

Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.FMMOTORPARTS.com Ilustrasi injakan pedal gas yang pengaruhi besaran angka rpm pada takometer.

Selain faktor keamanan dan keselamatan, menggunakan dua kaki saat mengendarai mobil matik juga berisiko merusak komponen pada transmisi.

Bisa saja pengemudi tidak sengaja menginjak pedal rem dan gas pada saat bersamaan. Kondisi tersehut bisa merusak transmisi matik, karena kopling dalam kondisi berputar, tetapi daya geraknya ditahan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X