Untuk Keadaan Darurat, Ini Perlengkapan yang Wajib Ada di Dalam Mobil

Kompas.com - 05/10/2020, 18:41 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil merek Range Rover terbakar di Tol Dalam Kota Cawang-Otista, Jakarta, Rabu (2/9/2020).  Mobil terbakar di bahu jalan tol.   Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes  Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mobil Range Rover terbakar pada pukul 09.00 WIB.  “Kejadian jam 09.00 di KM 1 200 arah Cawang. Mobil Range Rover,” kata Sambodo kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020) pagi.  Sambodo terlihat memantau langsung proses pemadaman mobil Range Rover.   Ia hadir sekitar pukul 09.46 WIB.  Pantauan dari akun TMC Polda Metro Jaya, asap hitam terlihat mengepul dari mobil yang terbakar.  “Bagi pengendara, diharap menghindari jalur tersebut. Situasi arus lalu lintas terpantau padat,” tulis akun TMC Polda Metro.  Petugas pemadam kebakaran juga sudah terlihat memadamkan api yang membakar mobil Range Rover.  Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan, kebakaran mobil sudah bisa diatasi.  Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat diterjunkan untuk memadamkan mobil Range Rover yang terbakar.  Api kini sudah bisa dipadamkan. Dok. TMC Polda Metro JayaJAKARTA, KOMPAS.com - Sebuah mobil merek Range Rover terbakar di Tol Dalam Kota Cawang-Otista, Jakarta, Rabu (2/9/2020). Mobil terbakar di bahu jalan tol. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan mobil Range Rover terbakar pada pukul 09.00 WIB. “Kejadian jam 09.00 di KM 1 200 arah Cawang. Mobil Range Rover,” kata Sambodo kepada Kompas.com, Rabu (2/9/2020) pagi. Sambodo terlihat memantau langsung proses pemadaman mobil Range Rover. Ia hadir sekitar pukul 09.46 WIB. Pantauan dari akun TMC Polda Metro Jaya, asap hitam terlihat mengepul dari mobil yang terbakar. “Bagi pengendara, diharap menghindari jalur tersebut. Situasi arus lalu lintas terpantau padat,” tulis akun TMC Polda Metro. Petugas pemadam kebakaran juga sudah terlihat memadamkan api yang membakar mobil Range Rover. Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Kota Administrasi Jakarta Selatan, Ruwanto mengatakan, kebakaran mobil sudah bisa diatasi. Sebuah mobil pemadam kebakaran terlihat diterjunkan untuk memadamkan mobil Range Rover yang terbakar. Api kini sudah bisa dipadamkan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebagai pengemudi yang bertanggung jawab, Anda harus memastikan keselamatan diri sendiri dan para penumpang saat terjadi sesuatu yang membahayakan, misalnya kecelakaan atau kebakaran.

Evakuasi saat insiden dan mendahulukan korban yang mengalami luka paling berat harus jadi prioritas para pengemudi. Untuk itu, Anda harus menyiapkan perlengkapan yang wajib ada di dalam mobil.

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, biasakan diri untuk mempersiapkan alat-alat penyelamatan dan pengamanan yang tersimpan rapi di dalam kabin.

Baca juga: 10 Mobil Bekas di Bawah Rp 100 Jutaan, Pilihannya Avanza sampai Terios

Mazda CX-5 milik Ronald Touwani yang mengalami kecelakaan di tol Semarang-Solo.Istimewa Mazda CX-5 milik Ronald Touwani yang mengalami kecelakaan di tol Semarang-Solo.

“Selain kotak P3K, pengemudi wajib menyediakan alat pemadam api ringan ( APAR), serta benda lancip untuk memecahkan kaca,” ujar Sony, kepada Kompas.com (3/10/2020).

Selain memperhatikan perlengkapan untuk keadaan darurat, penting juga bagi Anda untuk memahami konstruksi fisik mobil.

Misalnya bagian jendela mana yang memungkinkan untuk dipakai keluar dalam keadaan darurat dan semacamnya.

Baca juga: Jasa Marga Tutup Sebagian Lajur Tol Jakarta-Cikampek

alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobilEbay alat pemadam api ringan (APAR) terpasang di dalam mobil

Escape yang benar adalah mampu mencari jalan keluar yang teraman dan cepat. Itulah kenapa saya selalu sedia benda lancip di laci dasbor, untuk memecahkan kaca saat keadaan darurat,” ucap Sony.

“Selain itu penting juga memberikan penjelasan kepada penumpang tentang di mana barang-barang itu tersimpan dan bagaimana cara menggunakannya,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X