Jaga Emosi, Hal Penting Agar Aman Naik Sepeda Motor

Kompas.com - 05/10/2020, 19:01 WIB
Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik Foto: Wahana/IstimewaKarena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah fatalitas kecelakaan yang tinggi terutama sepeda motor harus menjadi perhatian bersama. Pengendara dituntut bukan sekadar bisa bawa motor tapi mengerti soal keselamatan di jalan.

Sesuai dengan tagline berkendara aman #Cari_aman, tim Safety Riding Promotion (SRP) Wahana, memberikan tips agar pengendara bisa aman sekaligus nyaman saat berkendara di jalan raya.

Baca juga: Beli Honda Forza Diskon Rp 11 Juta, DP Hanya Rp 4,5 Juta

“Beragam faktor yang wajib diketahui mendasar oleh pengendara motor sehingga kenyamanan dan keamanan berkendara semakin peduli tentang keselamatan,” kata Agus Sani, Head of SRP Wahana, dalam keterangan resmi, Senin (5/10/2020).

Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya saat menjajal motor Honda CB150R.Dokumentasi Atalia Praratya Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya saat menjajal motor Honda CB150R.

1. Standar Awal

Sebelum melakukan perjalanan dengan sepeda motor pastikan pengendara dan motor dalam kondisi yang baik.

Pengecekan dasar mulai dari tekanan angin, rem, hingga kelistikan adalah hal wajib yang perlu dilakukan untuk menentukan kelayakan motor yang akan digunakan.

Kedua, kondisi pengendara yang sehat dan baik adalah faktor utama berkendara aman yang sejak awal harus diperhatikan.

Tidak perlu memaksakan diri dalam berkendara apalagi dalam kegiatan turing. Istirahatlah yang cukup dalam interval dua jam bermotor.

Istirahat sejenak dapat memulihkan kebugaran tubuh pengendara sehingga lebih konsentrasi dalam melakukan perjalanan. Persiapkan juga kelengkapan berkendara seperti helm, jaket, dan sarung tangan.

2. Peraturan berlalu lintas

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X