Cerita Pengemudi yang Selamat dari Kecelakaan karena Pakai Seat Belt, padahal Mobil Hancur Berantakan

Kompas.com - 04/10/2020, 10:01 WIB
Mazda CX-5 milik Ronald Touwani yang mengalami kecelakaan di tol Semarang-Solo. IstimewaMazda CX-5 milik Ronald Touwani yang mengalami kecelakaan di tol Semarang-Solo.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Ronald Touwani (38) bersama adik iparnya masih tak menyangka bisa selamat dari kecelakaan maut yang mereka alami pada Sabtu pagi (26/9/2020) di Jalur A Km 477+600 tol Semarang-Solo.

Ketika itu Ronald menyetir sendiri mobil miliknya, Mazda CX-5 lansiran 2017, dari Jakarta menuju Pacitan, Jawa Timur.

Berangkat dari Ibu Kota pada Jumat malam (25/9/2020), membuat rasa kantuk tak bisa terhindarkan.

Mereka berdua sempat istirahat selama dua jam di rest area Tol Ungaran, sebelum akhirnya terjun ke sebuah jurang setinggi 70 meter di tepi jalan tol Semarang-Solo sekitar pukul 06.00 WIB.

Baca juga: Mengenal Kode pada Pelat Nomor Mobil Dinas TNI

Ronald Touwani (38) bersama adik iparnya dievakuasi pihak yang berwenang sesaat setelah kecelakaan lalu lintas.Istimewa Ronald Touwani (38) bersama adik iparnya dievakuasi pihak yang berwenang sesaat setelah kecelakaan lalu lintas.

“Jadi saat jalan di lajur kanan, mungkin saya ngantuk, tiba-tiba mobil oleng ke kiri dan masuk jurang. Mobil tidak menabrak pagar, tapi pohon bambu, kemudian terguling-guling sampai ke bawah,” ujar Ronald, saat dihubungi Kompas.com (3/10/2020).

Ronald mengatakan, saat itu ia menggunakan seat belt dengan benar. Begitu juga adik iparnya yang tertidur pulas di dalam dekapan sabuk pengaman.

Saat itu kecepatan di atas 100 kpj sebelum masuk jurang, kondisi mobil seketika ringsek. Tak ada bagian yang tidak rusak.

Baca juga: Viral Video Warga Sipil Pakai Mobil Dinas TNI, Ini Aturannya

Mazda CX-5 milik Ronald Touwani yang terjun ke sebuah jurang di ruas tol Semarang-Solo.Istimewa Mazda CX-5 milik Ronald Touwani yang terjun ke sebuah jurang di ruas tol Semarang-Solo.

“Sesaat setelah kecelakaan saya masih sadar, pintu kanan-kiri enggak bisa dibuka, panel-panel dan dasbor sudah enggak ada yang nempel, kabel-kabelnya keluar semua,” ucap Ronald.

“Saya lihat kaca pada pecah tapi tidak ada yang mengenai kami, karena terhalang airbag. Jadi airbag-nya itu enggak cuma di depan, tapi sekeliling interior ada,” katanya.

Menurut Ronald, satu-satunya jalur yang memungkinkan untuk evakuasi adalah bagian sunroof. Ia pun memecahkan bagian ini menggunakan tangannya dan keluar dari sana.

Baca juga: Marc Marquez Tak Sabar Ingin Balapan

Ronald Touwani (38) dievakuasi pihak yang berwenang usai kecelakaan lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo.Istimewa Ronald Touwani (38) dievakuasi pihak yang berwenang usai kecelakaan lalu lintas di ruas tol Semarang-Solo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X