Kasus Covid-19 Masih Tinggi, Kendaraan yang Menuju Puncak Dibatasi

Kompas.com - 04/10/2020, 08:43 WIB
ILUSTRASI - Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek KOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMANILUSTRASI - Giat penyekatan wilayah perbatasan di jalur Puncak Cianjur, Jawa Barat, yang dilakukan beberapa waktu lalu menyusul pemberlakukan PSBB di wilayah Jabodetabek
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Masih tingginya kasus Covid-19 di kawasan Jabodetabek, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama unsur TNI-Polri melakukan pembatasan pengunjung sebesar 50 persen di kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor.

Sejumlah petugas gabungan disiapkan di Jalan Raya Puncak pada Sabtu (3/10/2020), sebagai upaya untuk mencegah membludaknya pengunjung pada masa pandemi ini.

Bupati Bogor Ade Yasin, mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Pra Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Baca juga: Mengenal Kode pada Pelat Nomor Mobil Dinas TNI

“Melalui surat Keputusan Bupati Bogor, Nomor 443/450/Kpts/Per-UU/2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, secara resmi memperpanjang PSBB Pra AKB,” ucap Ade, dalam keterangan tertulis (1/10/2020).

“Ini adalah perpanjangan keempat PSBB Pra AKB Kabupaten Bogor. Kita perpanjang karena penyebaran Covid-19 masih cukup tinggi,” tuturnya.

Untuk diketahui selama PSBB Pra AKB yang diperpanjang hingga 27 Oktober 2020, Pemkab Bogor setiap akhir pekannya melakukan penyekatan dan operasi yustisi di kawasan wisata Puncak.

Baca juga: Viral Video Warga Sipil Pakai Mobil Dinas TNI, Ini Aturannya

Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/pARIF FIRMANSYAH Kendaraan mengantre selepas pintu tol Gadog, Ciawi menuju jalur Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (27/6). Antrean panjang terjadi akibat tingginya volume kendaraan warga Jabodetabek yang ingin mengisi libur Lebaran di jalur wisata Puncak, Bogor dan sekitarnya sehingga Polres Bogor memberlakukan sistem buka tutup satu arah untuk mengurai kepadatan. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/nz/17/p

Kegiatan ini dilakukan untuk memastikan protokol kesehatan dan menyasar kendaraan yang melintas di jalur puncak.

Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, mengatakan, dalam operasi gabungan ini pihaknya akan memantau kondisi tempat-tempat wisata, restoran, hingga arus lalu lintas.

“Apabila di puncak sudah melebihi 50 persen, maka kami akan melakukan pengalihan arus maupun pembatasan,” ujar Roland, belum lama ini.

“Jadi warga kita arahkan kembali ke tempat asalnya. Sementara ini memang masih normal, tapi kita antisipasi lonjakan pengunjung mengimbangi kebijakan pemerintah daerah,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.