Serupa tapi Tak Sama, Berikut Deretan Mobil Kembar di Indonesia

Kompas.com - 04/10/2020, 09:21 WIB
Pada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit. TAMPada tahun pertamanya, Toyota Avanza berhasil terjual 43 ribu unit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerap dijumpai beberapa varian mobil dari brand tertentu yang terkadang tampak mirip dengan varian dari brand lain.

Itu bukanlah suatu hal yang baru di dunia otomotif. Memang, kerja sama antara pabrikan otomotif acapkali terjadi dalam memproduksi varian tertentu dengan berbagai tujuan.

Seperti penyempurnaan teknologi yang dimiliki masing-masing pabrikan, untuk berbagi pasar, menekan biaya produksi dan lainnya.

Contoh mudahnya adalah Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Meski terlihat sama alias identik di berbagai sektor, tetap saja memiliki beberapa perbedaan baik dari eksterior, interior, serta desain.

Baca juga: Selain Toyota, Daihatsu Indonesia Juga Produksi dan Ekspor Mazda ke Jepang

Berikut daftar pasangan mobil kembar yang ada di Indonesia:

1. Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Toyota Avanza dan Daihatsu XeniaTAM-ADM Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia

Kedua mobil ini lahir pada tahun 2003 silam. Baik Toyota Avanza maupun Daihatsu Xenia sudah terpaku di pikiran orang Indonesia, bahkan tidak sedikit masyarakat yang menjuluki kedua mobil ini sebagai mobil sejuta umat.

Meski sudah cukup banyak pesaing yang lebih baik di rentang harga Rp 200 jutaan, namun rasanya masih sulit untuk menggeser kedua mobil tersebut.

Saat ini keduanya tengah memasuki generasi yang kedua. Sebelum facelift 2019, cukup banyak perbedaan kedua mobil ini, mulai dari desain depan, belakang, dan fiturnya.

Namun untuk versi 2019, bagian eksterior seperti tidak ada bedanya, kecuali pada bagian velg. Bicara soal fitur, Toyota Avanza lebih lengkap sebab mulai varian 1.3 Veloz sudah dilengkapi dengan fitur Smart Key.

2. Daihatsu Terios dan Toyota Rush

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.