Tips Naik Motor Off Road buat Pemula

Kompas.com - 03/10/2020, 14:01 WIB
Tips cara belok pakai motor trail Foto: Yamaha IndonesiaTips cara belok pakai motor trail
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Bertualang menggunakan motor off road ramai diminati belakangan ini. Buat yang baru mau mencoba perlu mengetahui trik-trik dasar bermain motor tanah.

Yamaha Riding Academy (YRA) memberikan beberapa tips awal saat ingin berkendara dengan Yamaha WR155. Tips ini ditujukan buat pemula yang tertarik mencoba motor trail.

"Informasi ini agar konsumen kian menikmati riding di jalur on road maupun ketika terabasan,” kata Antonius Widiantoro, Manager Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Sabtu (3/10/2020).

Cara mengendalikan motor sambil berdiriFoto: KUROYAMA Dirt Bike Lessons/ Youtube Cara mengendalikan motor sambil berdiri

1. Saat akan naik motor

Posisi pengendara di sebelah kiri motor karena lebih memudahkan, lalu melepaskan standar samping.
Posisikan setang dibelokkan ke kanan dan disarankan menarik tuas rem depan agar motor tidak bergerak.

2. Saat akan berhenti

Saat berhenti pastikan di tanah rata atau gundukan supaya menjaga keseimbangan motor. Posisi motor pada gigi 1 dan tuas kopling ditarik agar mesin motor tidak mati sehingga memudahkan untuk menjalankan motor kembali.

Gunakan kaki kiri untuk menapak ke jalan saat akan berhenti dan motor jalan kembali.

3. Saat akan turun

Gunakan gigi 1 di jalan tidak rata agar motor tidak bergerak, netralkan gigi di jalan rata. Matikan mesin motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X