Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kontrak Rossi Hanya Setahun di Petronas Yamaha

Kompas.com - 03/10/2020, 12:22 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

PORTIMAO, KOMPAS.com - Musim depan Valentino Rossi akan pindah ke tim satelit Petronas Yamaha SRT. Kontraknya hanya satu tahun dan disebut tanpa opsi perpanjangan.

Timbul anggapan bahwa kontrak pendek itu karena Yamaha sebetulnya sudah tidak percaya dengan kemampuan Rossi. Apalagi musim depan dia akan berumur 42 tahun.

Menanggapai hal tersebut, Direktur Tim Yamaha, Li Jarvis mengatakan, alasan Yamaha hanya memberikan kontrak satu tahun lebih karena kontrak Yamaha dan Petronas.

Baca juga: Quartararo Ingin Jadi Rossi Sejak Umur 6 Tahun

Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, memberikan kemudahan untuk tim NGM Forward Racing sebagai satu-satunya penyewa paket Yamaha untuk kelas open di MotoGP.motogp.com Lin Jarvis, Managing Director Yamaha Motor Racing, memberikan kemudahan untuk tim NGM Forward Racing sebagai satu-satunya penyewa paket Yamaha untuk kelas open di MotoGP.

"Alasannya lebih sederhana dan menyangkut hubungan antara Yamaha dan tim satelit Petronas. Pebalap setuju dan memahami masalah kami, bahwa kami tidak dapat menawarkan kontrak kepada pebalap di tim satelit," katanya mengutip Tuttomotoriweb, Sabtu (3/10/2020).

Kontrak kerjasama antara Yamaha dan Petronas disebut berakhir pada 2021. Karena itu kontrak Rossi hanya setahun.

“Kami sudah melakukan beberapa pertemuan dan kami semua bertekad untuk melanjutkan kerjasama setidaknya hingga 2026, tapi saat ini belum ada yang tertulis,” jelas Jarvis.

“Inilah mengapa opsi kontrak Rossi untuk 2022 tidak diramalkan, kami tidak bisa menjamin dia akan balapan musim itu dengan Petronas tanpa dokumen yang menyatakan bahwa Petronas akan menjadi tim Yamaha," katanya.

Baca juga: Petronas Yamaha Pilih Rossi Bukan karena Popularitas

Valentino RossiFoto: Twiiter/unknown Valentino Rossi

"Ini hanya masalah birokrasi dan jadwal waktu yang harus dihormati, tidak ada masalah tetapi ketika menyusun kontrak Anda harus tetap berpegang pada data tertentu dan hitam di atas putih,” katanya.

Ada rumor kontrak Rossi hanya setahun sebab pada 2022 dia akan pensiun dan menjadi manager tim. Rumor menyebut Rossi akan jadi manager tim VR46 yang akan naik kelas ke tim premier.

“Rossi ingin mengevaluasi hasil dan perasaannya setelah balapan pertama musim depan. Jika dia merasa ingin terus maju seperti yang dia inginkan, Petronas dan Yamaha masih bersama, kami semua akan senang," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com