Damri Mataram Resmi Uji Coba Bus Disabilitas NTB Gemilang

Kompas.com - 03/10/2020, 12:01 WIB
Bus disabilitas Damri NTB DamriBus disabilitas Damri NTB

MATARAM, KOMPAS.com – Damri dan Dinas Perhubungan (Dishub) Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerja sama untuk menjadi operator bus ramah lansia, disabilitas, dan lingkungan. Kerja sama ini untuk menunjang kemandirian masyarakat disabilitas untuk beraktivitas.

Rute layanannya melalui beberapa sekolah luar biasa dan sekolah umum. Adanya kerja sama ini karena melihat adanya kebutuhan aksesibilitas transportasi bagi masyarakat disabilitas yang berada di Kota Mataram.

Serta kewajiban pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan layanan transportasi untuk disabilitas sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 98 Tahun 2017 tentang penyediaan aksesibilitas pelayanan jasa transportasi publik bagi pengguna jasa berkebutuhan khusus.

Baca juga: Waspada Trik Ini Sering Dipakai Pedagang Motor Bekas

Bus disabilitas Damri NTBDamri Bus disabilitas Damri NTB

Peluncuran uji coba bus Disabilitas NTB Gemilang ini dilakukan pada Jumat (2/10/2020) yang bertempat di kantor Dishub NTB. Dihadiri oleh Gubernur NTB Zulkieflimansyah, General Manager Damri cabang Mataram M Adzani Wahyu Wibowo, Kepala Dishub NTB Lalu Bayu Windya, Kepala Dinas Sosial NTB Ahsanul Halik dan sahabat-sahabat disabilitas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

”Bus Disabilitas NTB Gemilang Damri Mataram merupakan bagian kelanjutan dari inovasi untuk harapan seluruh masyarakat dapat dengan nyaman dan aman bermobilitas menggunakan transportasi bus,” ucap Harys Kristanto, Komunikasi Korporasi & Protokol Damri dalam siaran resminya.

Bus Disabilitas ini merupakan yang pertama di NTB dan kedua di Indonesia. Harys mengatakan, untuk saat ini hanya beroperasi untuk rute kota di Mataram dan melayani antar Sekolah Luar Biasa, kedepannya bisa ke semua wilayah NTB.

Baca juga: Begini Cara Menyalip Bus di Jalan Tol, Pakai Rumus PDA

Bus Disabilitas NTB Gemilang berkapasitas 30 kursi dengan 10 untuk pengguna kursi roda dan 20 kursi biasa. Bus yang memakai sasis Hino RK dan bodi Scorpion X ini dilengkapi dengan fasilitas tangga hydraulic otomatis.

Jadwal keberangkatan bus Disabilitas ini yaitu dari Pool Damri Sweta Mataram pukul 06.30 WITA dan dari rute sebaliknya dari Sekolah Luar Biasa Selagalas pukul 12.00 WITA dengan tarif gratis.

“Harapannya bus Disabilitas NTB Gemilang akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi dan tren permintaan perjalanan darat dengan kesungguhan DAMRI dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan serta sesuai protokol kesehatan,” kata Harys.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.