Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semakin Modern, Livery Bus Sekarang Pakai Stiker

Kompas.com - 03/10/2020, 08:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comLivery atau tampilan grafis bus sudah menjadi ciri khas dari perusahaan otobus (PO). Pada zaman dulu, livery yang menempel di bus dibuat dengan cara dicat atau memakai teknik air brush.

Namun seiring waktu, semakin banyak juga perusahaan otobus (PO) yang beredar di Indonesia, tampilan livery semakin beragam. Tampilan livery setiap PO ada yang desainnya grafis-grafis modern, maupun bertema binatang.

Selain itu, dengan semakin majunya teknologi, livery yang ada di bus sudah tidak menggunakan airbrush untuk dibuat, melainkan memakai stiker. Dengan adanya stiker, tampilan livery jadi semakin beragam dan mudah untuk dibuat.

Baca juga: Harga Mobil Bekas Mulai Terpengaruh Wacana Relaksasi Pajak Nol Persen

Bus AKAP Hino RM 380DeviantArt Bus AKAP Hino RM 380

Export manager karoseri Laksana, Werry Yulianto mengatakan, livery bus yang memakai stiker yaitu untuk desainnya yang sulit untuk dicat. Sedangkan yang luas bidangnya dan mudah, masih bisa dicat.

Stiker sekarang dipakai untuk bagian livery yang susah dicat, misalnya seperti gambar-gambar,” ucap Werry kepada Kompas.com, Jumat (2/10/2020).

Selain itu, proses pembuatan livery dengan airbrush saat ini sudah ditinggalkan. Werry mengatakan, airbrush sudah tidak efektif waktu pengerjaannya, kemudian lebih mahal juga jika dibandingkan dengan memakai stiker.

Baca juga: Ini 6 Moge Bekas yang Punya Harga Terjangkau

“Biasanya stiker yang dipasang ke bodi tetap di clear coat atau furnish,” kata Werry.

Untuk bagian bodi yang dicat, biasanya untuk livery yang luas dan tidak banyak memakai warna. Sedangkan stiker biasanya untuk livery seperti gambar binatang atau logo dari PO bus tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com