Cicil Mobil Listrik Resmi Tanpa DP, Simak Pilihannya!

Kompas.com - 02/10/2020, 07:02 WIB
Ilustrasi mobil listrik. The GuardianIlustrasi mobil listrik.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) resmi membebaskan uang pangkal alias down payment ( DP) kredit untuk pembelian kendaraan bermotor berwawasan lingkungan, mulai 1 Oktober 2020.

Kebijakan ini seiring dengan diterbitkannya Peraturan Bank Indonesia (PBI) Nomor 22/13/PBI/2020 tentang Perubahan Kedua atas PBI Nomor 20/8/2018 tentang Rasio LTV untuk Kredit Properti, Rasio FTV untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PBI LTV/FTV dan Uang Muka).

"Adapun definisi dari kendaraan bermotor berwawasan lingkungan ialah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagaimana dimaksud dalam ketentuan Perpres 55/2019," kata Kepala Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Mulai Hari Ini Kredit Motor dan Mobil Listrik Bebas DP

Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8  saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Simulasi pengisian bahan bakar listrik mobil Hybrid BMW i8 saat acara penyerahan kunci di Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (20/4/2017). Penyerahan unit pertama kali dilakukan oleh BMW dengan penyerahan kunci secara resmi oleh President Director BMW Group Indonesia Karin Lim kepada pemilik pertamanya.

Berdasarkan hal tersebut, maka kendaraan hibrida maupun plug-in hybrid (PHEV) yang telah cukup banyak beredar tidak bisa menikmati kebijakan DP nol persen.

Kendati demikian, sedikitnya ada empat model mobil listrik yang sudah bisa digarasikan dengan dua diantaranya bakal diperkenalkan secara resmi di Indonesia dalam waktu dekat. Berikut daftarnya;

Tesla Model X 75D

Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75DKompas.com/Setyo Adi Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

Menjadi SUV berbahan bakar listrik dengan sistem buka pintu layaknya sayap burung, Tesla Model X 75D merupakan salah satu kendaraan modern dan futuristik yang sarat atas kecanggihan di Indonesia.

Mobil ini diimpor langsung dari pabrik asalnya, Amerika Serikat dan kebanyakan dijual melalui Importir Umum (IU). Menariknya, kini mobil dijadikan salah satu armada taksi listrik oleh Blue Bird bersama BYD e6.

Adapun mengenai dapur pacu Tesla Model X 75D ialah, baterai lithium-ion berkapasitas 75 kWh dengan daya tempuh 380 km dalam satu kali pengisian penuh.

Tenaga yang mampu dihasilkan dari dapur pacu tersebut mencapai 249 tk dan torsi maksimum 329 Nm. Di atas kertas, mobil mampu mencapai kecepatan penuh di 240 kpj.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X