Segera Meluncur, Ini Beda Fortuner Facelift dengan Model Lama

Kompas.com - 01/10/2020, 14:51 WIB
Brosur Toyota Fortuner yang tersebar di media sosial Instagram/@b_channel_indonesiaBrosur Toyota Fortuner yang tersebar di media sosial
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota kemungkinan bakal meluncurkan Fortuner facelift dalam waktu dekat. Hal ini diketahui lewat foto spyshot dan bocoran brosur yang sudah tersebar di media sosial.

Dari foto-foto brosur yang beredar diketahui bahwa Fortuner facelift sudah memiliki Vehicle Stability Control (VSC) dan Hil Start Assist (HSA) untuk semua tipe.

Semua tipe Fortuner facelift telah mendapat lampu depan LED dan foglamp LED, termasuk lampu belakang model baru. Sementara untuk fitur 7 airbag hanya terdapat di varian 4x4 (VRZ dan G).

Baca juga: Beredar Gambar Kijang Innova Terbaru, Ini Kata Toyota

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Nih nggak Low Res ????

Sebuah kiriman dibagikan oleh B Channel (@b_channel_indonesia) pada 29 Sep 2020 jam 11:36 PDT

Tak ketinggalan head unit dengan layar 9 inci (VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo) yang memiliki fungsi NFC untuk membaca saldo kartu prabayar seperti milik Corolla Cross.

Khusus varian VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo juga telah memiliki power tailgate with kick sensor, yang sebelumnya hanya terdapat di varian TRD Sportivo.

Meski belum punya Toyota Safety Sense (TSS), Fortuner facelift varian TRD Sportivo dan VRZ 4x4 telah mendapat kamera 360, Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection, dan Headway Monitoring Warning, serta wireless charging.

Baca juga: Jika Relaksasi Pajak Nol Persen Jadi, Begini Strategi Mobil88

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Akhirnya yang ditunggu-tunggu bocor juga, inilah tampilan dari Fortuner facelift versi Indonesia khususnya tipe TRD Sportivo! Sepertinya wajah Legender tidak dibawa ke sini, even buat tipe tertingginya, mereka lebih milih mengembangkan TRD Sportivo yang memang jadi tipe terlaris mobil ini. Dari foto-foto brosur ini, walau belum semuanya dibuka, bisa kelihatan apa saja yang baru di Fortuner facelift: 1. Semua tipe dapat lampu depan LED, foglamp LED dan lampu belakangnya juga model baru (di beberapa negara, tipe terendah Fortuner masih pakai lampu belakang model lama) 2. Tentunya buat tipe TRD Sportivo dapat add on bodykit baru serta desain peleknya juga baru (penasaran sama tipe non-TRD nya) 3. Tipe SRZ alias Fortuner mesin bensin 2.700 cc tetap tersedia 4. Tipe VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo dapat head unit 9 inci model baru yang bisa NFC (cek saldo e-money macam Corolla Cross) 5. Selain itu, tipe VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo juga dapat power tailgate with kick sensor (sebelumnya yang terakhir ini cuma ada di TRD) 6. Balik lagi ke head unit, khusus tipe TRD Sportivo dan VRZ 4x4 (sepertinya, kurang jelas soalnya) dapat kamera 360 derajat, ditambah Blind Spot Detection, Lane Departure Warning, Moving Object Detection, dan Headway Monitoring Warning 7. Tipe TRD Sportivo dan VRZ 4x4 juga dapat wireless charging yang lokasinya ada di bagian bawah dasbor #toyotafortuner #newfortuner #fortuner

Sebuah kiriman dibagikan oleh Indra Radian Fathan (@indra_fathan) pada 28 Sep 2020 jam 9:51 PDT

Secara varian, Fortuner facelift masih mengusung tipe yang sama seperti sebelumnya. Untuk varian 4x2 terdiri dari tipe 2.4 G MT, 2.4 G AT, 2.4 VRZ AT, 2.7 SRZ AT, 2.4 TRD AT, dan 2.7 TRD AT. Serta varian 4x4 dengan tipe 2.4 VRZ AT dan 2.4 G AT.

Meski memiliki tampilan yang cukup mirip dengan Fortuner yang meluncur di Thailand dan Vietnam, untuk varian Legender sepertinya tidak dibawa ke sini.

Fortuner 2.8 Legender AT 4WD adalah varian tertinggi Fortuner facelift yang meluncur di Thailand. Model ini mendapat mesin diesel baru 2.800 cc yang bertenaga 201 tk dan torsi maksimal 500 Nm, yang dilepas 1.839.000 baht atau setara Rp 820 jutaan.

Baca juga: Lebih Lengkap dari Camry, Begini Fitur Unggulan Corolla Altis Hybrid

 

New Toyota Fortuner LegenderToyota Thailand New Toyota Fortuner Legender

Sedangkan Fortuner di Indonesia saat ini dibanderol mulai Rp 492,950 juta (tipe 4x2 2.4 G MT Diesel) sampai Rp 685,050 juta (tipe 4x4 VRZ AT Diesel).

Untuk diketahui, sebelumnya PT Toyota Astra Motor (TAM) telah mengkonfirmasi bakal meluncurkan model baru dari Fortuner yang terakhir kali mendapat penyegaran pada 2016.

“Iya (Fortuner) sekarang sedang kita persiapkan,” ujar Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi Suwandy, kepada Kompas.com (30/9/2020).

Namun, Anton belum mau mengungkap kapan tanggal pasti SUV ladder frame ini diluncurkan. Begitu juga perihal harga jualnya nanti.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X