Toyota Sudah Jual 3.000 Unit Kendaraan Elektrifikasi di Indonesia

Kompas.com - 30/09/2020, 08:22 WIB
Perjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019. CUTENKPerjalanan test drive jajaran mobil hybrid dan PHEV Toyota, dari Banyuwangi-Bali, 9-11 Oktober 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com – Tren kendaraan elektrifikasi yang terdiri dari mobil hybrid, PHEV, dan BEV mulai meningkat. Hal ini ditandai dengan mulai banyaknya model yang dikeluarkan sejumlah pabrikan.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo, pada sepanjang Januari hingga Agustus 2020, ada 476 unit kendaraan elektrifikasi yang terjual.

Toyota jadi merek yang punya banyak pilihan di segmen ini, mulai dari Camry Hybrid, Corolla Altis Hybrid, C-HR Hybrid, Corolla Cross Hybrid, sampai Prius, yang jika ditotal semuanya mencapai 364 unit.

Jika dikonversi jadi presentase, maka Toyota menyumbang 76,4 persen dari seluruh penjualan.

Baca juga: Mau Jadi Sponsor di MotoGP? Segini Tarifnya

Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.CUTENK Penghitungan konsumsi BBM total 8 mobil hybrid dan PHEV dilakukan di Pulau Bali, hasilnya cukup mengejutkan.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, mengatakan, mobil elektrifikasi semakin banyak dan semakin diminati masyarakat Indonesia.

“Waktu awal-awal kami meluncurkan Prius, sekitar 10 tahun yang lalu, permintaannya kecil sekali,” ucap Anton, dalam konferensi virtual (29/9/2020).

“Bahkan single digit atau double digit, (sekarang) demand-nya juga semakin meningkat,” katanya.

Baca juga: Harga Toyota Starlet GT Bisa Tembus Ratusan Juta Rupiah

 

Sesi test drive All New Corolla Cross (Dok. Toyota) Sesi test drive All New Corolla Cross (Dok. Toyota)

Menurut Anton, secara total pihaknya telah menjual sekitar 3.000 unit kendaraan elektrifikasi sampai Agustus 2020.

Ia mencontohkan, Camry Hybrid telah berkontribusi sekitar 15-20 persen dari total penjualan Camry.

Begitu juga dengan C-HR dan Corolla Cross yang baru-baru ini meluncur. Sebanyak 70 persen dari SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) merupakan model hybrid.

Baca juga: Toyota Urban Cruiser, Kembaran Vitara Brezza Dijual dari Rp 160 Jutaan

Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.TOYOTA Toyota Camry Hybrid menjadi yang terboros selama pengunjian, meskpun masih jauh lebih irit ketimbang mobil konvensional, lebih baik dari Avanza.

Sementara Corolla Cross bisa dibilang menjadi mobil elektrifikasi paling diminati saat ini, dengan raihan penjualan mencapai 200 unit per bulan.

Bahkan Anton memprediksi jika mobil ini bisa laku 2.000 unit dalam setahun, terutama jika kondisi dalam keadaan normal, tidak sedang pandemi seperti sekarang.

“Penjualan Corolla Cross hampir setahun bisa mirip penjualan hybrid selama sepuluh tahun belakangan ini,” katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X