Honda Tawarkan Kemudahan Ganti Inflator Airbag Tanpa Perlu ke Bengkel

Kompas.com - 28/09/2020, 14:42 WIB
Kantong udara (airbag) Honda Brio RS 2016. Febri Ardani/KompasOtomotifKantong udara (airbag) Honda Brio RS 2016.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik mobil Honda yang beberapa waktu lalu terdampak recall inflator airbag dan belum sempat ke bengkel resmi, kini bisa melakukan pergantian komponen tersebut dari rumah.

PT Honda Prospect Motor (HPM) memberikan kemudahan pilihan bagi konsumen, yakni booking online melalui aplikasi E-Care serta layanan perbaikan di rumah melalui home service ataupun pick-up service.

Dengan aplikasi E-Care, konsumen dapat mendaftarkan kendaraan dan mendapatkan jadwal melakukan penggantian inflator airbag.

Baca juga: Mobil Terparkir Lama Lebih Baik Pakai Rem Tangan atau Ganjal Ban?

 

Sedangkan bagi konsumen yang khawatir untuk keluar rumah terkait pandemi Covid-19, bisa menggunakan layanan penjemputan unit atau mendatangkan mekanik dengan home service.

Sejak kampanye perbaikan berjalan, Honda mengklaim telah melakukan berbagai upaya menginformasikan dan mengundang konsumen yang mobilnya teridentifikasi. Selain itu, Honda juga banyak melakukan kerja sama dengan komunitas-komunitas pengguna mobil Honda di Indonesia.

Honda Freedjakartahonda.com Honda Freed

Denny MT, Service & Parts Asst. General Manager PT.HPM mengatakan, recall inflator airbag dilakukan sebagi tindakan pencegahan terhadap kemungkinan terjadinya keadaan di mana airbag mungkin mengembang secara berlebih (over deployment) akibat tekanan gas yang berlebih.

Bila sampai kejadian, maka kondisi tersebut akan sangat berbahaya karena berpotensi mengakibatkan cedera sirius atau bahkan kematian baik bagi pengemudi atau penumpang depan ketika terjadi kecelakaan.

"Kami terus berupaya agar seluruh unit mobil yang terdampak dapat dilakukan penggantian dengan memberikan kemudahan-kemudahan bagi pelanggan kami dan tanpa dipungut biaya apapun. Upaya yang kami lakukan untuk program ini merupakan tanggung jawab kami untuk memastikan seluruh produk berada dalam standar tertingginya dalam hal keamanan dan kualitas," kata Denny.

Honda Brio Satya dengan potongan harga Rp 5 juta dengan tambahan peruntungan lucky dip.Ghulam/Otomania Honda Brio Satya dengan potongan harga Rp 5 juta dengan tambahan peruntungan lucky dip.

Baca juga: Honda Kenalkan CR-V PHEV, Konsumsi BBM Diklaim 90 Km per Liter

Adapun untuk unit yang terdampak dalam program recall inflator airbag Honda tersebut, ternyata hampir berimbas pada semua model. Beberapa diantara bahkan unit yang tak lagi dipasarkan di Indonesia .

1. Honda Civic Tahun 2001-2011
2. Honda Stream 2002-2006
3. Honda CR-V 2002-2012
4. Honda Accord 2003-2013
5. Honda City 2004-2013
6. Honda Jazz 2004-2014
7. Honda Odyssey 2004-2008
8. Honda Freed 2009-2015
9. Honda Brio 2013-2014



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X