Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Skutik Murah Bekas Akhir September 2020 Mulai Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 28/09/2020, 14:02 WIB
Gilang Satria,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga skutik bekas kelas entry level masih cukup stabil. Peminatnya pun tidak surut, meski secara keseluruhan pasar motor seken terkena imbas cukup besar akibat pandemi Covid-19.

Yosia Hermanto, pedagang motor bekas dari showroom Talenta Motor di Palmerah Barat, Jakarta, mengatakan, harga skutik kelas bawah seperti Honda Beat masih sama seperti bulan-bulan lalu.

"Beat masih stabil, kalau turun juga tidak banyak. Beat tahun 2018 masih Rp 10 juta, 2019 juga ada. Tahun di bawah itu lebih turun lagi, yang dicari memang Beat dan Vario," kata Yosia kepada Kompas.com, Senin (28/9/2020).

Baca juga: Bisa Dikoleksi, 5 Motor Jadul yang Dibekali Mesin Turbo

Motor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjoistimewa Motor bekas di Showroom Nugroho Motor, Kartasura, Sukoharjo

Pemilik showroom mokas Setia Kasih Motor, Tri Sekam mengatakan, untuk pasaran harga motor bekas sekarang juga semakin menurun. Dia mencontohkan harga Honda Vario 110 LED tahun 2016 kini seharga Rp 10,5 juta.

“Itu saja sudah untung, untuk lansiran tahun 2014 jualnya Rp 9 juta, kalau yang Vario Techno 125 tahun 2013 harganya juga berkisar Rp 9 juta, kalau yang tahun 2015 Rp 12 juta,” kata Tri kepada Kompas.com.

Harga tersebut tentunya juga menyesuaikan dengan kondisi kendaraan.

Baca juga: Pahami Konsekuensi Cuci Motor Selagi Mesin Masih Panas

Jika berselancar di beberapa situs jual beli online, yang mayoritas pemakai langsung juga tidak beda jauh. Walau sebetulnya justru sedikit lebih mahal daripada yang ditawarkan pedagang mokas.

Dari situs OLX, terpantau Honda Beat 2019 masih Rp 12 jutaan tapi ada juga yang membuka harga Rp 11 juta. Untuk tahun yang lebih tua seperti produksi 2015 dibanderol Rp 8 jutaan, sedangkan tahun 2009 buka harga Rp 6,6 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com