Kompas.com - 20/09/2020, 17:21 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan bisa turun kapan saja. Karena itu buat pengendara sepeda motor yang aktif sebaiknya sedia jas hujan sebagai antisipasi agar bisa dipakai sewaktu-waktu.

Jas hujan pada dasarnya terbagi tiga, pertama yaitu model ponco, kedua jenis atasan yang dipakai seperti jaket, dan ketiga tipe setelan yang terdiri dari atasan dan celana panjang.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Main Dealer Motor Honda Jakarta-Tangerang Agus Sani, mengatakan, untuk cadangan pilih jas hujan model setelan.

Baca juga: Catatan Waktu Dianulir dan Gagal Pole, Bagnaia Akui Rakus di Belokan

Jas hujan poncoFoto: GridOto.com Jas hujan ponco

"Tipe terbaik ialah model setelan (atas-bawah) karena lebih baik melindungi air," katanya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Jas hujan model setelan juga lebih ergonomis sehingga tidak menggangu gerak pengendara.

Baca juga: Dipastikan Tak Ada Dispensasi Pajak Kendaraan Bermotor Saat PSBB Jilid 2

Adapun yang paling tidak disarankan ialah jas hujan model ponco. Sebab jas hujan ini awalnya memang tidak didesain untuk berkendara.

Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Pengendara sepeda motor mengenakan jas hujan saat terjadi hujan di Jalan Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi dini cuaca ektrem yang akan melanda sejumlah wilayah di Indonesia pada hari Minggu (22/12/2019), dan Senin (23/12/2019).

Memakai jas hujan ponco saat naik motor juga berisiko. Selain tidak mampu melindungi tubuh secara maksimal dari air. Juga rawan tersangkut di setang pengendara lain dan gir rantai.

"Jas hujan ponco memang sangat simpel dan mudah saat digunakan namun resikonya adalah jika menggunakan motor bebek atau sport maka ada kemungkinan bagian bawah jas hujan tersangkut di gir dan rantai," kata Agus.

Selain model setelan, Agus mengatakan pilih yang memiliki warna terang atau yang bisa menyala ketika terkena lampu (mata kucing) supaya mudah terlihat pengendara lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.