Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Bus New Armada Malah Jarang Beredar di Pulau Jawa?

Kompas.com - 18/09/2020, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Karoseri New Armada asal Magelang memiliki bodi bus besar dengan desain yang khas, yaitu Evolander dan Skylander. Walaupun memiliki desain yang unik, relatif jarang bisa menemui bus hasil kreasi perusahaan karoseri asal Jawa Tengah ini di Pulau Jawa.

Kebanyakan bodi bus Skylander ini dibeli oleh perusahaan otobus di luar Pulau Jawa. Misalnya, PO Primadona di Makassar memiliki tiga double decker buatan karoseri New Armada. Belum lagi Skylander terbaru milik PO Rajawali Citra Trans di Medan.

Lalu mengapa karoseri New Armada yang memiliki bodi dengan desain yang unik ini tidak begitu banyak peredarannya di Pulau Jawa?

Baca juga: Ini 7 Merek Mobil yang Sudah Hengkang dari Indonesia

ban belakang bus belokKompas.com/Fathan Radityasani ban belakang bus belok

Anggota Forum Bismania Indonesia Dimas Raditya mengatakan, kurang beredarnya Skylander dan Evolander di Pulau Jawa nampaknya berkaitan dengan selera pasar.

“Kalau di Jawa, lebih pilih-pilih bus dan modelnya. Seperti Adiputro yang modelnya main aman, jadi lebih disukai di Jawa,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

Sedangkan kalau bodi buatan New Armada ini lebih diminati oleh PO yang ada di Sumatera dan Sulawesi. Dimas mengatakan, kedua pulau ini memang lebih beragam pilihan modelnya, tapi beda pulau, berbeda juga karakternya.

Baca juga: Penjelasan Kenapa Volvo Utuh dan Fortuner Remuk Saat Tabrakan

Design Development karoseri New Armada, Deddy Hermawan mengatakan, sepertinya peminat dari bus New Armada ini dipengaruhi oleh pengalaman memakai bus buatan asal Magelang ini.

“Karena di luar Jawa, utamanya di daerah tambang, banyak yang memakai bus produksi New Armada. Jadi kenal dari situ dan mereka memilih bus untuk angkut penumpang dari karoseri yang sama,” kata Deddy kepada Kompas.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com