Malaysia Ingin Produksi Xpander, Ini Kata Mitsubishi Indonesia

Kompas.com - 16/09/2020, 18:21 WIB
Mitsubishi Xpander 100.000 unit Mitsubishi Xpander 100.000 unit

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Mitsubishi Motor Corporation (MMC) memutuskan untuk memproduksi model Xpander di Vietnam dan Malaysia secara lokal pada 2020.

Langkah ini dilakukan menyusul suksesnya mobil keluarga tujuh penumpang rakitan Cikarang, Jawa Barat tersebut yang ditunjukkan dengan tingginya permintaan pasar di wilayah Asia Tenggara.

Namun rencana strategis dari prinsipal Mitsubishi ini menimbulkan kekhawatiran mengenai berkurangnya potensi ekspor Xpander dari Indonesia yang berujung pada penguapan devisa negara.

Baca juga: Bukan Diimpor dari Indonesia, Malaysia Bakal Produksi Sendiri Mitsubishi Xpander

Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi XpanderMMKSI Menjajal tujuh ruas tol baru di Jawa Timur dan Jawa Tengah bersama Mitsubishi Xpander

Kendati demikian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia ( MMKI) memastikan bahwa model Xpander masih menjadi produk ekslusif Tanah Air karena Indonesia adalah pabrik induknya.

"MMKI adalah pabrik induk dari Xpander. Perakitan model ini di luar Indonesia diharapkan meningkatkan ekspor CKD dan selanjutnya akan berpengaruh pada peningkatan produksi MMKI," ujar Prianto, HR & GA Director PT MMKI melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Baca juga: Eksplorasi Fitur Mitsubishi Xpander yang Cocok dengan Kondisi New Normal

Pernyataan tegas tersebut sekaligus menjawab pertanyaan atas status produksi Xpander di Vietnam dan Malaysia, yaitu secara completely knocked down (CKD) atau terurai.

Artinya, berbagai komponen Xpander akan tetap diproduksi dan dikirim dari Indonesia untuk kemudian dirakit di masing-masing pabrik yang berada di negara tetangga.

Sayangnya pihak MMKI tidak menjelaskan secara rinci komponen apa saja yang nantinya bakal dikapalkan ke sana untuk perakitan Xpander.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X