Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Malaysia Ingin Produksi Xpander, Ini Kata Mitsubishi Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini Mitsubishi Motor Corporation (MMC) memutuskan untuk memproduksi model Xpander di Vietnam dan Malaysia secara lokal pada 2020.

Langkah ini dilakukan menyusul suksesnya mobil keluarga tujuh penumpang rakitan Cikarang, Jawa Barat tersebut yang ditunjukkan dengan tingginya permintaan pasar di wilayah Asia Tenggara.

Namun rencana strategis dari prinsipal Mitsubishi ini menimbulkan kekhawatiran mengenai berkurangnya potensi ekspor Xpander dari Indonesia yang berujung pada penguapan devisa negara.

Kendati demikian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) memastikan bahwa model Xpander masih menjadi produk ekslusif Tanah Air karena Indonesia adalah pabrik induknya.

"MMKI adalah pabrik induk dari Xpander. Perakitan model ini di luar Indonesia diharapkan meningkatkan ekspor CKD dan selanjutnya akan berpengaruh pada peningkatan produksi MMKI," ujar Prianto, HR & GA Director PT MMKI melalui keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (16/9/2020).

Pernyataan tegas tersebut sekaligus menjawab pertanyaan atas status produksi Xpander di Vietnam dan Malaysia, yaitu secara completely knocked down (CKD) atau terurai.

Artinya, berbagai komponen Xpander akan tetap diproduksi dan dikirim dari Indonesia untuk kemudian dirakit di masing-masing pabrik yang berada di negara tetangga.

Sayangnya pihak MMKI tidak menjelaskan secara rinci komponen apa saja yang nantinya bakal dikapalkan ke sana untuk perakitan Xpander.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/16/182100615/malaysia-ingin-produksi-xpander-ini-kata-mitsubishi-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke