Bukan Diimpor dari Indonesia, Malaysia Bakal Produksi Sendiri Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 09/09/2020, 18:21 WIB
Test Drive Xpander Cross KOMPAS.COM/STANLY RAVELTest Drive Xpander Cross
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Mitsubishi Motors Malaysia (MMM) secara resmi mengumumkan bakal memproduksi model Xpander secara lokal untuk kemudian dipasarkan dengan masif tahun ini, bukan diimpor dari Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, rencananya Xpander akan dirakit secara terurai (completely knock down/CKD) di pabrik baru yang berlokasi di Pekan, Pahang. Pabrik tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan pengelasan bodi hingga pengecatan.

Selain itu, di tempat yang sama pula terdapat jalur pengujian kendaraan baru untuk memeriksa semua fungsi fitur keselamatan pada mobil. Salah satunya menguji sistem Active Stability Control (ASC) sebelum mobil masuk ke tahap penyelesaian.

Baca juga: Rincian Biaya Perawatan Xpander Cross Selama 5 Tahun

Mitsubishi Xpander mau pakai mesin diesel?Stanly/KompasOtomotif Mitsubishi Xpander mau pakai mesin diesel?

"Pada Januari 2014, produk CKD pertama yang dilakukan MMM adalah ASX (Outlander Sport) di pabrik Tan Chong Motors Assembly, Segambut. Kemudian pada September 2017, kami merakit lokal model kedua Outlander di sana," kata Chief Executive Officer MMM Tomoyuki Shinnishi, Rabu (9/9/2020).

"Sekarang tonggak baru untuk MMM yaitu lewat Xpander telah tiba. Mobil akan diproduksi di pabrik baru yang terletak di Pekan, Pahang oleh orang Malaysia dengan menggabungkan teknologi otomotif Jepang," lanjut dia.

Adapun harga dari Xpander nanti begitu kompetitif sehingga mampu merangsang daya beli masyarakat Negeri Jiran. Akan tetapi, pihak MMM belum membuka informasi lebih jauh mengenai ini.

Baca juga: Tak Semua Mobil Ramah Lingkungan Kebal Ganjil Genap

Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).FEBRI ARDANI/KOMPAS.com Mitsubishi Xpander diekspor ke Filipina, Rabu (25/4/2018).

Melalui langkah tersebut, ekslusifitas Xpander dari Indonesia di kawasan ASEAN semakin berkurang. Sebab sebelumnya kendaraan 7-penumpang ini juga diproduksi di Vietnam mulai Juli 2020.

Debut dunia Xpander sendiri dilangsungkan di Indonesia pada 2017 lalu melalui pameran otomotif Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS). Bersamaan dengan itu, Indonesia ditunjuk sebagai basis produksi hingga pada akhirnya strategi perseroan berubah mengikuti pergerakkan pasar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X